Putri, Rizka Amalia (2020) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi shalat berjama’ah peserta didik SMKN 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Rizka Amalia Putri - 1501112012.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari diterapkannya aturan untuk melaksanakan shalat berjama’ah yaitu shalat zuhur dan ashar di sekolah. Walaupun peraturan shalat berjama’ah sudah diterapkan, namun peserta didik masih saja ada yang tidak menjalankan peraturan yang telah diterapkan oleh sekolah dan tidak jarang juga pendidik mendapatkan peserta didik yang enyalahgunakan izin atau mencari alasan untuk tidak mengikuti shalat berjama’ah. Seorang guru hendaknya memiliki strategi yang mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam hal sholat berjama’ah. Guru pendidikan agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya memiliki strategi tersendiri yang membuat peserta didik termotivasi hal ini yang membuat penulis tertarik untuk mendeskripsikan lebih dalam mengenai strategi yang digunakan oleh guru untuk memotivasi peserta didik sholat berjama’ah. Adapun rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi sholat berjama’ah kepada peserta didik di SMKN 2 Palangka Raya ? 2) Bagaimana respon peserta didik SMKN 2 Palangka Raya terhadap strategi yang telah dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi sholat berjamaah?
Tujuan penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi sholat berjama’ah di SMKN 2 Palangka Raya, meliputi: 1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi sholat berjama’ah kepada peserta didik SMKN 2 Palangka Raya. 2) Respon peserta didik SMKN 2 Palangka Raya terhadap strategi yang telah dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi sholat berjama’ah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa kelas X di SMKN 2 Palangka Raya sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi shalat berjama’ah sangat memotivasi siswa karena guru menggunakan strategi yang membuat siswa termotivasi untuk melakukan shalat berjama’ah, selain itu guru juga menerapkan asben pada saat jam pelajaran dan memberikan hukuman yang memotivasi agar peserta didik lebih baik lagi. (2) Peserta didik merasa termotivasi apabila guru selalu memberikan arahan kepada peserta didiknya untuk melaksanakan shalat berjama’ah. Namun, apabila guru tidak memberikan motivasi berupa ajakan atau nasehat kepada peserta didik maka peserta didik enggan melaksanakan shalat berjama’ah di sekolah.
ABSTRACT
The background of this research is the implementation a rule to do shalat berjama’ah like Dzuhur and Ashar at school. Even the rule to do shalat berjama’ah has been implemented, but the student still not implement yet the rules that implemented by the school and sometime the student abuse the permission or find the excuses to not follow shalat berjama’ah. Problem Formulation 1) What is the teacher's strategy in increasing motivation to pray in congregation to students at SMKN 2 Palangka Raya? 2) What is the response of the students of SMKN 2 Palangka Raya to the strategies that have been made by teachers in increasing motivation to pray in congregation?
The purpose of this research are (1) to describe the teacher's strategy in improving the motivation to do shalat berjama’ah for the student at SMKN 2 Palangka Raya. (2) to describe the response from the student at SMKN 2 Palangka Raya toward the strategy which has been implemented by the teacher in improving the motivation to do shalat berjama’ah.
This research used qualitative descriptive method. The subject on this research was the Islamic Education teacher while some students at X grade at SMKN 2 Palangka Raya as the informant. The data collection technique used observation, interview and documentation.
The result of this research shown that : (1) The strategy of Islamic education teachers in increasing the motivation to pray in congregation greatly motivates students because the teacher uses strategies that make students motivated to pray in congregation, besides the teacher also applies asben during class time and provides motivating penalties so that students are better again. (2) The students fell motivated if the teacher gave direction to them to do shalat berjama’ah. But if the teacher didn't give the motivation persuasively or advice to the students, they won't do shalat berjama’ah at school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 04:44 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 04:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
View Item |