Prasetyawan, Rony (2019) Pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian santri di Pondok Pesantren Al Wafa Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tesis Rony Prasetyawan - 17016079.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti, moral, nilai, watak, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam menentukan baik dan buruk serta mengaplikasikan kebaikan tersebut dalam kehidupan. Untuk mewujudkan pendidikan karakter dibutuhkan landasan sebagai acuan dalam membentuk pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pondok pesantren dalam membentuk nilai-nilai karakter pada santri, diantaranya melalui: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) evaluasi (4) hambatan dalam membentuk karakter kepribadian santri
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis studi kasus rancangan kasus tunggal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Keabsahan data diperoleh melalui metode triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan menanamkan nilai karakter sesuai landasan Perpres No.87 tahun 2017 dengan 18 nilai pembentuk karakter dan budaya bangsa (2) pelaksanaan dengan mengintegrasikan nilai kedalam kurikulum pondok pesantren dilakukan melalui 3 aspek, yaitu: melalui kegiatan belajar mengajar, ekstrakurikuler, dan aktivitas religius santri (3) dalam evaluasi terdapat 10 nilai yang tertanam pada pribadi santri (4) faktor penghambat yaitu dari santri itu sendiri. Implikasi penelitian ini yakni memberi dampak peningkatan kepribadian santri menjadi lebih baik serta bermoral islami, dan juga pada peningkatan prestasi santri yang dapat dilihat dari prestasi yang diraihnya.
ABSTRACT
Character education is the education of ethics, morality, values, character, which aims to develop the ability to determine good and bad and apply the good in life. To realize the character education needed a foundation as a reference in shaping the character's education. This research aims to determine the role of boarding schools in the form of character values in students, including through: (1) Planning (2) Implementation (3) evaluation (4) Barriers in shaping the character of the students
This research uses qualitative methods, the case study type single case draft. Data collection techniques are conducted with interviews, observations and documentation. Data is analyzed with an interactive model consisting of collecting data, reducing data, presenting data, and concluding. Data validity is obtained via the data source triangulation method.
The results of this study showed that: (1) planning to embed character value in accordance with Presidential decree No. 87 of 2017 with 18 values of character and culture of the Nation (2) implementation by integrating value into boarding school curriculum Conducted through 3 aspects, namely: through teaching, extracurricular activities, and religious activities students (3) in the evaluation there are 10 values that are embedded in the personal students (4) inhibitory factor that is from the students itself. The implications of this research are to have the effect of increasing the personality of the students better as well as Islamic moral, and also in improving the achievement of students that can be seen from the achievement.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 03:05 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 03:05 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3239 |
Actions (login required)
View Item |