Persepsi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya terhadap bisnis vlog prank

Putra, Moh. Dwi Cahyono (2020) Persepsi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya terhadap bisnis vlog prank. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Moh. Dwi Cahyono Putra - 1604120484.pdf

Download (977kB)

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan adanya teknologi telekomunikasi yang semakin canggih semua manusia bisa saling bertegur sapa dan melakukan aktivitas di dunia maya. Youtube telah menjadi salah satu media favorit di kalangan masyarakat. Banyak konten creator yang menggunakan Youtube sebagai tempat untuk menuangkan ide serta kreativitasnya dalam konten yang disajikannya. Konten yang saat ini banyak diminati oleh konten creator adalah prank. Fenomena vlog prank sekarang ini melahirkan banyak persepsi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya terhadap vlog prank, dan (2) persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya terhadap mekanisme bisnis vlog prank ditinjau dalam etika bisnis Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 10 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya yang berbeda tahun angkatan 2016 dan 2017 dari prodi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kemudian dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya terhadap vlog prank itu ada 2 macam yaitu karena menghibur, serta ada positif dan negatifnya. Kedua, Persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya terhadap mekanisme bisnis vlog prank ditinjau dalam etika bisnis Islam hasilnya mayoritas 6 dari 10 mahasiswa mengatakan tidak sesuai dengan etika bisnis Islam karena melanggar prinsip tauhid, keadilan, kebebasan, amanah dan kejujuran. Dan sisanya mengatakan sesuai dengan etika bisnis Islam karena ada yang mengandung unsur kebaikan untuk target prank dan tidak merugikan orang lain.

ABSTRACT

The development of technology nowadays has progressed very rapidly. With the increasingly sophisticated telecommunication technology, all humans can greet each other and carry out activities in cyberspace. Youtube has become one of the favorite media among the public. Many content creators use Youtube as a place to express their ideas and creativity in the content they present. Content that is currently in great demand by content creators is prank. The vlog prank phenomenon is now giving birth to many perceptions. This study aims to determine (1) the perceptions of IAIN Palangka Raya Faculty of Economics and Business students towards prank vlogs, and (2) the perceptions of students of the Islamic Business and Economics Faculty of IAIN Palangka Raya towards the business mechanism of the vlog prank in Islamic business ethics.

This research is a field research using a descriptive qualitative approach. The subjects of this study were 10 students of the Islamic Economics and Business Faculty of IAIN Palangka Raya who were different in the 2016 and 2017 batches of the Sharia Economics and Islamic Banking study program. Data collection techniques by interview and documentation. The technique of validating the data used source triangulation. Then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.

The results of this study indicate that there are two kinds of perceptions of students at the Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Palangka Raya towards prank vlogs, namely because they are entertaining, and there are positives and negatives. Second, the perception of students from the Faculty of Economics and Islamic Business of IAIN Palangka Raya regarding the prank vlog business mechanism in terms of Islamic business ethics, the result is that the majority of 6 out of 10 students say it is not in accordance with Islamic business ethics because it violates the principles of tauhid, justice, freedom, trust and honesty. And the rest said it was in accordance with Islamic business ethics because some contained elements of goodness for prank targets and did not harm others.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Etika Bisnis Islam
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 17 Jul 2021 02:57
Last Modified: 17 Jul 2021 02:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item