Manajemen sarana dan prasarana pendidkan di MIN 4 Kapuas

Marjuni, Marjuni (2020) Manajemen sarana dan prasarana pendidkan di MIN 4 Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Marjuni - 18013216.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Sarana prasarana merupakan faktor penting dalam pendidikan, tak terkecuali di MIN 4 Kapuas Kecamatan Tamban Catur. Pengelola sangat konsen terhadap pemenuhan sarana prasarana. Pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan Perencanaan, Pengadaan, Penggunaan, Pemeliharaan, Inventarisasi, dan Penghapusan sarana prasarana pendidikan di MIN 4 Kapus.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, staf tata usaha dan siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. .Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik trianggulasi sumber.Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan).

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pertama perencanaan, diawali dengan menyebarkan angket kebutuhan alat-alat atau media yang diperlukan kepada guru, selanjutnya memusyawarahkannya bersama kepala sekolah, kepala tata usaha, bendahara dan juga seluruh dewan guru.Kedua, pengadaan sarana dan prasarana pendidikan di MIN 4 Kapuas meliputi : dropping dari pemerintah, membeli baik secara langsung maupun pemesanan, meminta sumbangan dari wali murid dengan memusyawarahkan dengan komite sekolah, dengan menyewa atau meminjam ke tempat lain jika membutuhkan dan dengan menukar barang yang dimiliki yang sudah tidak terpakai dengan barang yang dibutuhkan. Ketiga, penggunaan sarana dan prasarana di MIN 4 Kapuas meliputi : membuat jadwal penggunaan agar tidak terbentur dalam hal penggunaan, walaupun terkadang pengguna belum bertanggungjawab secara penuh setelah selesai digunakan, dan belum mengembalikan ke tempat masing-masing, Keempat pemeliharaan barang MIN 4 Kapuas melakukan secara kontinu setiap hari atau berkala melalui pengecekan setiap hari, bulanan ataupun enam bulan sekali.Kelima inventarisasi di MIN 4 Kapuas meliputi : mencatat seluruh barang inventaris yang diterima didalam buku induk inventaris, kemudian setelah selesai dicatat dengan memberi kode barang tersebut.Keenam Penghapusan sarana dan prasaran di MIN 4 Kapuas meliputi : mengumpulkan atau mendata barang yang sudah tidak layak atau rusak atau barang sudah tidak bisa dipakai lagi, atau barang yang jumlahnya kelebihan, kemudian diputuskan lewat musyawarah untuk melakukan penghapusan, prosesnya yaitu dengan cara membuatkan berita acara penghapusan dan penyingkiran barang dengan cara membakar atau menguburnya, dengan tujuan untuk memudahkan dalam administrasi. oleh karena itu dengan adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan ini sangatlah memberikan kontribusi terhadap kelancaran proses belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan di MIN 4 Kapuas.

Abstract

Infrastructure management is an important factor in education, not least in MIN 4 Kapuas, Tamban Catur District. Managers are very concerned about the fulfillment of infrastructure. Meeting the needs of facilities and infrastructure of this study aims to: Describe the Planning, Procurement, Use, Maintenance, Inventory, and Elimination of educational infrastructure in MIN 4 Regency.

This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The subjects of this study were the headmaster of madrasas, teachers, administrative staff and students. Data collection methods in this study are the method of observation or observation, interviews and documentation. Data validation checking technique with source triangulation technique. Data analysis technique with data reduction, data presentation and verification (drawing conclusions).

The results obtained from this study are the first planning, starting with distributing the questionnaire needs for the tools or media needed to teachers, then discussing it with the school principal, head of administration, treasurer and also the entire teacher council. Second, procurement of educational facilities and infrastructure in MIN 4 Kapuas includes: dropping from the government, buying both directly and ordering, asking for donations from student guardians by consulting with school committees, by renting or borrowing to other places if needed and by exchanging owned goods that are not used for items needed . Third, the use of facilities and infrastructure in MIN 4 Kapuas includes: make a schedule of use so as not to be bumped in terms of use, although sometimes the user has not been fully responsible after being used, and has not returned to their respective places. continuous every day or periodically through checking every day, monthly or six months. The five inventories at MIN 4 Kapuas include: recording all inventory items received in the inventory master book, then after completion is recorded by giving the item code. in MIN 4 Kapuas includes: collecting or recording items that are not feasible or damaged or goods that can no longer be used, or goods with excess quantities, then decide through deliberation to do the removal, the process is by making the minutes of removal and removal of goods by burning or burying it, with the aim to facilitate administration. Therefore, the management of educational facilities and infrastructure really contributes to the smooth teaching and learning process which will ultimately improve the quality of education in MIN 4 Kapuas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana; Pendidikan; Manajemen
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 12 Jul 2021 23:41
Last Modified: 12 Jul 2021 23:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3204

Actions (login required)

View Item View Item