Sulistioningrum, Detria Grandis Ayu (2020) Penerapan pendidikan akhlak pada siswa jurusan agama di MAN kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Detria Grandis Ayu Sulistioningrum - 1601112096.pdf Download (919kB) |
Abstract
Pendidikan Akhlak sangat perlu diterapkan oleh siswa di lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di lapangan,guru mata pelajaran Akhlak sudah berupaya untuk menerapkan pendidikan Akhlak terhadap siswanya. Hanya saja sebagian siswa Yang belum bisa menerapkan pendidikan Akhlak baik yang sudah diajarkan oleh Guru.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pendidikan Akhlak pada siswa jurusan Agama di MAN Kota Palangka Raya.Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeksripsikan penerapan pendidikan Akhlak pada siswa jurusan Agama di MAN Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akhlak di MAN Kota Palangka Raya. Objek dari penelitian ini adalah penerapan pendidikan Akhlak padasiswa jurusan Agama di MAN Kota Palangka Raya. Sedangkan yang menjadi respondennya adalah Kepala sekolah dan siswa kelas 11 jurusan Agama. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data yang sudah didapatkan dengan menggunakan triangulasi sumber. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Yaitu Data Collection, Data Reduction, Data Display,dan Conclusing Drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan pendidikan akhlak terhadap siswa jurusan agama dapat di katakan dapat dilakukan,dengan beberapa perencanaan yang dipersiapkan guru mata pelajaran akhlak sebelum memulai pembelajaran.
Dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang di dalam nyater dapat metode,model, tujuan, strategi pembelajaran.Kemudian dalam pembelajaran, guru mata pelajaran akhlak memberikan contoh dan motivasi di tengah-
tengah proses pembelajaran. Walaupun ada beberapa metode yang di gunakan oleh guru mata pelajaran akhlak,yang diterapkan di luar kelas. Dan dalam penerapan pendidikan akhlak tersebut, ada yang perlu di benahi terkait sikap siswa. Kemudian untuk hasil pembelajaran,sebagian siswa ada yang telah memahami materi yang disampaikan guru dan ada pula yang masih belum memahami.Disebabkan karena ada beberapa siswa yang masih kurang fokus ketika guru menjelaskan,
salah satunya mereka asyik dengan pekerjaannya masing-masing.Sehingga ketika ada materi yang belum dipahami,mereka hanya bertanya kepada teman sebangku dan bukan bertanya kepada guru yang menjelaskan.
ABSTRACT
Atthistime, Moral Education really needs to beapplied by students in the school,community and family environment. Based on observations made by researchers in thefield,the Moral subject teacher has tried to apply Moral education to their students. It's just thatsomestudentshavenotbeen able to apply thegood Moral educationthathasbeen taughtby the teacher. The problem in this studyishow to apply Moral education to students majoring in Religion at MAN Palangka Raya city.Thisstudyis intendedtodescribetheapplicationofMoral education to students majoring in Religion atMAN Palangka Raya city.This research uses a descriptive qualitative approach.Thesubjectsof thisstudy were teachers ofMoral subjects in MAN Palangka Raya city. The object of this research is the applicationof Moral education to students majoring in Religionat MAN Palangka Raya city. Meanwhile, the respondents were the principal and 11th grade students majoring in Religion. The data collection techniquesthrough observation,interviews,and documentation.To testthevalidity of the data that has been obtained by using triangulation of sources.Then the data analysis used in this research is Data Collection, Data Reduction, Data Display, and Conclusing Drawing.
The results showed that the application of moral education to students majoring in religion can be said to be done,with some planning prepared by the moral subject teacher before starting learning.By making a learning implementation plan in which there are methods,models, objectives,learning strategies.Then in learning,the teacher of moral subjects provides examples and motivation in the middle of the learning process. Although there are several methods used by moral subject teachers, theyareapplied outside the classroom. And in the application of moral education,there is something that needs tobe addressed regarding student attitudes.
Then for learning out comes,some students have understood the material presentedby the teacher and somes till donotunderstand.This isbecause there are some students who are still not focused when the teacher explains,one of themis busy with their work.So when there is material that has not been understood, theyonlyaskpeersand notask the teacher who explainsit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 04:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 02:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3157 |
Actions (login required)
View Item |