Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran agama di SMP Negeri 1 Bulik

Taufiqurrahman, Taufiqurrahman (2020) Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran agama di SMP Negeri 1 Bulik. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Taufiqurrahman - 18013251.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pendidikan nilai-nilai multikultural merupakan upaya pengelolaan pendidikan yang didalamnya terdapat proses mempengaruhi, memotifasi kreatifitas anak didik dalam memahami perbedaan dan dapat diterima sebagai hal yang alamiah dan tidak menimbulkan tindakan diskriminatif, konsep ini tidak bermaksud untuk menciptakan keseragaman cara pandang tetapi membangun kesadaran diri terhadap keniscayaan pluralitas, mengakuai kekurangan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan yang demokratis dan humanis. Latar belakang penulisan ini didasarkan pada keberagaman pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang berasal dari berbagai perbedaan, mulai dari agama, suku, bahasa, dan ekonomi.

Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, dan Hindu? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik dan Hindu? 3) Bagaimana Evaluasi Pendidikan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik dan Hindu?

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru agama Islam, Katolik, Protestan, dan Hindu. Sedangkan kepala sekolah, guru, tata usaha, komite sebagai informan. Tekhnik pengumpuln data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhink analaisi dimulai dengan mengumpulkan data, mereduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.

Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan: 1) Perencanaan pembelajaran agama Islam, Protestan, Katolik dan Hindu dilakukan secara terpadu dengan mengintegrasikan Kurikulum, visi, KI-1 dan KI-2, dan SK-KMP, dengan silabus dan RPP dalam menentukan materi, tujuan, indikator pencapaian pembelajaran. 2) Pelaksanaan pendidikan nilai-nilai multikultural sudah mengacu kepada rencana yang telah dibuat secara terintegrasi dengan memaparkan materi pembelajaran, Indikator yang ada dalam RPP dan dilaksanakan dengan metode pengajaran terpadu (integrated learning). Kemudian terdapat nilai-nilai multikultural yang telah di terapakan secara langsung maupun tidak langsung yaitu: nilai mendahulukan dialog/komunikasi, nilai kesetaraan/kesamaan, nilai kemanusiaan, nilai keadilan demokrasi, nilai toleransi, nilai tolong menolong, dan nilai inklusif. Serta dalam kegiatan di luar kelas melalui jumat beriman, upacara pagi, ekstrakurikuler dan kunjungan lapangan. 3) Evaluasi dilaksanakan dengan menggunakan konsep Taksonomi Bloom yaitu aspek sikap (afektif) yaitu sikap spiritual dan sikap sosial, aspek pengetahuan (Kognitif),dan aspek keterampilan (Psikomotorik).

ABSTRACT

Management of multicultural values education is an education management effort that inside it include influence process, motivate the students’ creativity in understanding difference as normal thing and not cause discriminative action, this concept doesn’t mean to create uniformity point of view but to built awareness toward certainly plurality, admit your and other flaw in democratic and humanist life. The background of this research is diversity from teachers, staffs and students that has difference in religion, tribe, language and economy.

The research problem are :1) How is the Planning of multicultural values education in Islamic, Christian Protestant, Catholic and Hindu education subject ? 2) How is the implementation of multicultural values education in Islamic, Christian Protestant, Catholic and Hindu education subject ? 3) How is the evaluation of multicultural values education in Islamic , Christian Protestant, Catholic and Hindu education subject ?

This research used qualitative descriptive with Islam, Catholic, Protestant and Hindu teacher as research subject. While principal, teacher, staff, and committee as informants. Data collection technique used observation, interview and documentation. Data analysis through data collection, data reduction, data display and drawing conclusion and data validity through participation extension and method and source triangulation.

The result of this research shown that : 1) Planning on Islamic education, Protestant education, Catholic education and Hindu education done integrated with integrate Curriculum, Vision, Core Competence 1, Core Competence 2 and SK-KMP, with syllabus and lesson plan in decided material, objective, achievement indicators. 2) Implementation of multicultural values education in religion subject already refer to the plan that made integrated, indicators in lesson plan and implemented with integrated learning. Then contained multicultural values that has been implemented directly and indirectly, they were : values precede dialogue/communication, equality value, humanity value, democracy justice value, tolerance value, help value and inclusive value. Also in outside activity through jumat beriman, morning ceremony, extracurricular and field visit. 3) Evaluation implemented and used Taxonomy Bloom concept they were affective aspect meant spiritual and social attitude, cognitive aspect and psychomotor aspect.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan; Multikultural
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:52
Last Modified: 03 Jun 2021 04:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item