Penerapan model problem based learing (pbl) terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik materi sistem peredaran darah pada manusia kelas viii MTs Islamiyah Palangka Raya

Yana, Riska Lili (2020) Penerapan model problem based learing (pbl) terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik materi sistem peredaran darah pada manusia kelas viii MTs Islamiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RISKA LILI YANA - 1601140442.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan data dari Kemendikbud Tahun 2020 bahwa banyaknya peserta didik yang terdampak covid-19 sehingga mengharuskan mereka belajar di rumah, Dalam situasi pendemi saat ini membuat guru diharuskan kreaktif dalam pembelajaran yang dilakukan. Sehingga model PBL dianggap lebih mampu untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dimusim pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan peserta didik dan prestasi belajar peserta didik dalam penerapan model PBL serta untuk mendeskripsikan keterterapan model PBL pada pembelajaran materi sistem peredaran darahkelas VIII MTs Islamiyah Palangkaraya.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode pra eksperimen (pre experimental), dengan desain penelitian yang digunakan adalah jenis One Group pretest-posttes. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar (kognitif) berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII, sedangkan sampel yang diambil pada kelas VIIIB MTs Islamiyah Palangkaraya. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan metode observasi keaktifan, tes prestasi belajar (kognitif) serta lembar observasi keterterapan penggunaan model PBL.

Hasil penelitian ini menunjukan bawah keaktifan belajar pesrtasi belajar dalam pembelajaran jarak jauh atau online sangat aktif dengan rata-rata peresentase keaktifan tiap pertemuan, kesatu 84,52% dan pertemuan kedua 82,94%. Dengan rata-rata dari kedua pertemuan yaitu 83,73% terkategori aktif. Sedangkan pada prestasi belajar kognitif dapat dikatakan berhasil dengan nilai N-gain 0,71 terkategori tinggi. Artinya ada hubungan antara keaktifan dan prestasi belajar peserta didik dalam model PBL.

ABSTRAK

Based on data from the Ministry of Education and Culture in 2020, there are many students who are affected by Covid-19, which requires them to study at home. So that the PBL model is considered more capable of increasing the activeness and learning achievement of students in this pandemic season. This study aims to describe the activeness of students and student achievement in the application of the PBL model and to describe the applicability of the PBL model in learning material for class VIII MTs Islamiyah Palangkaraya.

This research is a research that uses a pre-experimental method (pre-experimental), with the research design used is a type of One Group pretest-posttest. The instrument used was a learning achievement test (cognitive) in the form of multiple choice questions totaling 20 questions. The population in this study were students of class VIII, while the samples were taken in class VIIIB MTs Islamiyah Palangkaraya. The data collection technique was carried out using the activeness observation method, learning achievement tests (cognitive) and the applied observation sheet using the PBL model.

The results of this study indicate that learning activeness of learning participants in distance learning or online is very active with an average percentage of activeness in each meeting, the first 84.52% and the second meeting 82.94%. With the average of the two meetings, namely 83.73% in the active category. Meanwhile, cognitive learning achievement can be said to be successful with an N-gain value of 0.71 which is categorized as high.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 May 2021 03:41
Last Modified: 24 May 2021 03:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item