Nuryati, Roinah (2020) Pembelajaran mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi kepribadian nabi Muhammad SAW kelas IV pada masa covid-19 di MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Roinah Nuryati - 1601170037.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), dalam rangka untuk pemenuhan hak peserta didik dalam mendapatkan layanan pendidikan proses pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka di dalam kelas digantikan dengan pembelajaran secara online. Pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya yang biasanya dilaksanakan dengan tatap muka antara guru dan siswa dilakukan dengan pembelajaran online/jarak jauh.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pembelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad Saw kelas IV pada masa Covid-19?; 2) Apa kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad Saw kelas IV pada masa Covid-19?; dan 3) Apa upaya yang harus dilakukan guru dalam pembelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad Saw kelas IV pada masa Covid-19? Sedangkan untuk tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pembelajaran, kendala dan upaya yang dilakukan guru pada pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Kepribadian Nabi Muhammad Saw kelas IV pada masa Covid-19 di MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitian 1 orang guru Sejarah Kebudayaan Islam dan 5 siswa kelas IV MIS Miftahul Huda 1 sebagai informan. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pembelajaran mata pelajaran SKI materi Kepribadian Nabi Muhammad Saw kelas IV di MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya tetap dilaksanakan secara online melalui whatsapp dalam menyampaikan materi pelajaran 2) Kendala yang dihadapi guru saat pembelajaran adalah penyampaian materi tidak leluasa, kurangnya interaksi dengan siswa, keterbatasan sarana dan prasarana yang menunjang dalam berlangsungnya pembelajaran online dan ketidaktepatan dalam mengumpul tugas-tugas yang telah diberikan. 3) Upaya yang guru lakukan agar interaksi tetap berjalan adalah dengan melakukan tanya jawab dengan siswa, untuk siswa yang tidak memiliki whatsaap guru mengirim SMS (Surat Masa Singkat) dalam menyampaian materi pelajaran dan guru tidak memberi batasan waktu pada siswa yang terlambat dalam mengumpul tugas.
Abstract
The research background is based on the circular letter No. 15 of 2020 on guidelines for the implementation of learning from home in the event of emergency spread of Corona Virus Disease (Covid-19), in order to fulfill the right of students in obtaining educational services that are usually done face-to-face in the classroom replaced by online learning. In Islamic Cultural history learning at MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya which is usually implemented face-to-face between teachers and students is do with online learning.
The research problems in this research are 1) How is learning of Islamic Cultural History the Prophet Muhammad Saw personality material fourth grade during covid-19?; 2) What are the obstacles faced by the teacher in learning of Islamic Cultural History the Prophet Muhammad Saw personality material fourth grade during Covid-19?; and 3) What efforts should teacher make in learning of Islamic Cultural History the Prophet Muhammad Saw personality material fourth grade during Covid-19? The research objectives are to know the learning, constraints and efforts do by teachers on the learning of Islamic Cultural History the Prophet Muhammad Saw personality material fourth grade during covid-19 in MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya.
This research used descriptive qualitative method, with the correspondent was a teacher of Islamic Cultural History and fourth graders of MIS Miftahul Huda 1 as informants. The data collection technique used observation, interview and documentation. Data validation techniques used triangulation and analyzed through data reduction, data display, and verification/drawing conclusion.
The results
showed that 1) Learning of Islamic Cultural History the Prophet Muhammad Saw personality material fourth grade at MIS Miftahul Huda 1 Palangka Raya was still implemented online with WhatsApp to conveyed the learning material 2) The obstacles faced by teacher during learning are the delivery of inflexible materials, lack of interaction with students, limitations of facilities and infrastructure that support online learning and inaccuracies in collecting tasks that have been given. 3) The effort done by teacher to make interaction still running like teachers always responded to every student who asked, the teacher sends SMS (Short Period Letter) in conveyed the learning materials to students who did not have WhatsApp and the teacher didn’t give time limit for students who late when collecting the task.
tract
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah Kebudayaan Islam;Pembelajaran;Covid-19 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 06 May 2021 03:16 |
Last Modified: | 06 May 2021 03:16 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2910 |
Actions (login required)
View Item |