Zahra, Siti Ervina (2020) Pembelajaran daring pada mata pelajaran al-islam di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Ervina Zahra - 160111260.pdf Download (864kB) |
Abstract
Mewabahnya COVID-19 mengubah model pembelajaran secara drastis seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi tak terkecuali di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
Adapun rumusan masalah Penelitian ini meliputi : 1.) bagaimana proses pembelajaran daring mata pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya ? 2.) apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring mata pelajaran Al -Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek 1 orang guru al-islam dan 7 orang siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. kemudian disanalisis melalui cara pengambilan data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring berlangsung dengan pendekatan deduktif-induktif, strategi ekspositori dan metode yang digunakan metode ceramah, penugasan dan tanya jawab. Adapun Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring faktor pendukungnya adalah Kemampuan guru Al Islam dalam menyampaikan materi santai dan dapat dimengerti oleh murid , wawasan baru dibidang IT bagi siswa dan guru, pihak sekolah yang menyediakan wifi dan komputer untuk pembelajaran daring dilingkungan sekolah, pemberian bantuan kuota secara gratis untuk guru dan siswa, Karena virus corona masih tinggi penyebarannya untuk kesehatan siswa lebih terjamin dirumah, relative lebih efisien untuk yang tinggal jauh, file materi yang sudah dipelajari bisa disimpan. Adapun faktor Penghambat dalam pembelajaran daring mata pelajaran al-islam terbagi menjadi 2, faktor internal dan eksternal: a.) Faktor internal, meliputi : Karena terlalu lama melaksanakan pembelajaran daring menimbulkan rasa jenuh kepada siswa dan guru. b.)Faktor eksternal, meliputi: 1.) Tidak semua orang tua memiliki kemampuan dalam menyiapkan kuota internet. 2.) Saat dirumah banyak tanggung jawab siswa sebagai anak yang mengakibatkan siswa tidak fokus dalam belajar.3)Waktu zoom yang terbatas , 4)Tidak semua siswa dapat terlibat dalam pembelajaran daring karena kekuatan sinyal yang berbeda, 5.)Kemampuan guru dalam mempersiapkan pembelajaran sangat terbatas. 6.)Terbatasnya interaksi antara siswa saat pembelajaran daring, 7.) Terbatasnya kemampuan guru tentang IT 8.)Pembelajaran daring menjadi beban tambahan bagi orang tua dirumah., 9.)Terlalu banyak yang mengikuti pembelajaran dengan media daring akan membuat akses lambat, 10.) Guru tidak selalu mengupload materi pembelajaran, 11.) pemberian kuota untuk siswa tidak merata
ABSTRACT
The outbreak of COVID-19 drastically changed the learning model, all learning activities were carried out online, starting from elementary school to tertiary level, including SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.
The problem formulation of this research includes: 1.) How is the online learning process for Al-Islam subjects at SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya? 2.) What are the supporting and inhibiting factors for online learning in Al-Islamic subjects at SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya? with the subject 1 Al Islam teacher and 7 students of class XI IPS 1.
Data collection techniques in this study using interview techniques, observation, and documentation. For data validity techniques using triangulation techniques. And for techniques in analyzing data include data collection, data collection, data presentation and drawing conclusions
The results showed that: 1.) the online learning process took place with a deductive-inductive approach, expository strategies and the methods used were lectures, assignments and question and answer methods. 2) Supporting factors and obstacles to online learning a. ) Supporting factors include: 1.) The ability of Al Islam teachers to deliver material that is relaxed and understandable to students, 2.) The internet can provide new insights in the field of IT for students and teachers, 3.) The school provides wifi and computers for online learning in the environment. schools, 4.) Providing free quota assistance for teachers and students, 5.) Because the corona virus is still high in distribution, student health is more secure at home. 6.) Relatively more efficient for those who live far away, 7.) Files of material that have been studied can be stored 3.) Inhibiting factors are divided into 2, internal and external: a.) Internal factors, including: Because it takes too long to carry out online learning it creates a feeling saturated with students and teachers. b.) External factors, including: 1.) Not all parents have the ability to prepare internet quota. 2.) When at home there are many student responsibilities as children which results in students not focusing on learning. 3) Limited zoom time, 4) Not all students can be involved in online learning because of different signal strengths, 5.) The ability of teachers to prepare for learning very limited. 6.) Limited interaction between students during online learning, 7.) Limited ability of teachers about IT 8.) Online learning becomes an additional burden for parents at home., 9.) Too many people who take part in learning with online media will make access slow, 10 .) The teacher does not always upload learning materials, 11.) The provision of quotas for students is not evenly distributed
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran daring |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 30 Jan 2021 01:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2021 01:51 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2735 |
Actions (login required)
View Item |