Muawwanah, Rabiatul (2020) Film kartun syamil dan dodo sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam di SDN 3 Bagendang Hilir Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Rabiatul Muawwanah - 1601112117.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dalam penggunaan media kartun Syamil Dan Dodo yang membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan dan mempermudah pemahaman siswa. Penggunaan film kartun syamil dan dodo sebagai media pembelajaran PAI yang digunakan dapat menarik perhatian siswa yang awalnya kurang bergairah dalam belajar, mengantuk dan sibuk bermain dengan temannya. sehingga akhirnya anak-anak menjadi semangat lagi dalam belajar karena penggunaan media kartun Syamil dan Dodo yang kaya akan pengetahuan Islam.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah, Bagaimana penggunaan film kartun syamil dan dodo sebagai media pembelajaran PAI kelas III di SDN 3 Bagendang Hilir Kotawaringin Timur? dan Bagaimana respon siswa terhadap film kartun Syamil dan Dodo sebagai media pembelajaran PAI kelas III di SDN 3 Bagendang Hilir Kotawaringin Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan film kartun Syamil dan Dodo sebagai media pembelajaran PAI, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media film kartun Syamil dan Dodo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, subjek penelitiannya adalah 1 orang guru PAI, 12 Informan sebagai pendukung penelitian yaitu 10 orang siswa/i kelas III, 1 guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik pengabsahan data menggunakan trianggulasi.
Hasil penelitian film kartun Syamil dan Dodo sebagai media pembelajaran PAI di SDN 3 Bagendang Hilir Kotawaringin Timur sebagai berikut, 1) Penggunaan film kartun Syamil dan Dodo sebagai media pembelajaran PAI di SDN 3 Bagendang hilir, guru terlebih dahulu melakukan persiapan, penyajian/menampilkan film kartun, siswa mengamati film kartun, kemudian melaksanakan evaluasi pembelajaran. Penggunaan Film Kartun Syamil dan Dodo sebagai media pembelajaran PAI di SDN 3 Bagendang Hilir sangat baik digunakan karena mempermudah pemahaman siswa dan membuat siswa bergairah dalam belajar. 2) Respon siswa terhadap penggunaan media kartun Syamil dan Dodo sangat baik, karena hasil wawancara dengan subjek penelitian yaitu guru PAI mengatakan siswanya menjadi semangat dan senang, karena membuat mereka lebih mudah memahami pelajaran, selain itu mereka juga senang dan tertarik untuk belajar.
ABSTRACT
This research background is the using of Syamil Dan Dodo cartoon film as learning media which make learning interesting and fun and make it easier for students to understand. Syamil and dodo cartoons as Islamic Education learning media can attract the students’ attention who are initially less enthusiastic in learning, sleepy and play with their friends. So in the end the students became enthusiastic again in learning because of the using of learning media Syamil and Dodo which rich with Islamic knowledge.
The research problems are, how to using the syamil and dodo cartoon film as Islamic Education learning media in SDN 3 Bagendang Hilir, Kotawaringin Timur? How is students respond to Syamil and Dodo cartoon film as Islamic Education learning media at SDN 3 Bagendang Hilir, Kotawaringin Timur?. The research objective are to know the utilize Syamil and Dodo Cartoon film as Islamic Education learning meida and to know the students’ respond toward Syamil and Dodo cartoon film.
This research used a qualitative approach with a descriptive type, the correspondent was 1 Islamic Education teacher, 12 informants as research supporters, they were 10 three graders, 1 teacher and principal. Data collection technique used interview, observation and documentation, data validation technique using triangulation.
The result showed that Syamil and Dodo cartoon film as Islamic Education learning media at SDN 3 Bagendang Hilir, Kotawaringin Timur were as followed 1) The used of Syamil and Dodo cartoons as Islamic Education learning media at SDN 3 Bagendang, the teacher prepared first, presented / displayed cartoon films , students observed cartoon films, then implemented learning evaluation. The used of Syamil and Dodo cartoon film as Islamic Education learnig media at SDN 3 Bagendang Hilir was very good because it make easier for students to understand and make students excited about learning. 2) Students’ response to the used of cartoon media by Syamil and Dodo was very good. Because the result of the interviews with 10 of their students said they were very happy, because it made it easier for them to understand the lesson, besides that they were also happy and interested in learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 02:05 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 08:12 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2730 |
Actions (login required)
View Item |