Pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas v MI Nurul Ummah Sampit

Holidazia, Diana (2020) Pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas v MI Nurul Ummah Sampit. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Diana Holidazia - 1601170061.pdf

Download (872kB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan alternative pilihan terbaik untuk pendidikan pada masa Covid ini, karena pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara langsung atau tatap muka. Dengan adanya pembelajaran daring sebagai pilihan kedua diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran baik untuk guru yang tetap berhadir di sekolah untuk memberikan materi secara online maupun untuk siswa yang belajar dari rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana proses pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas V MI Nurul Ummah Sampit, 2) kendala dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran tematik di kelas V MI Nurul Ummah Sampit.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek guru dan siswa kelas V, objek penelitian adalah pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik di kelas V. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan dokumntasi. Adapun pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi tehnik, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada proses pembelajaran daring guru berpedoman pada rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus. RPP yang digunakan sesuai dengan keadaan darurat Covid pada saat ini, yang mana isi dari rencana pelaksaan pembelajaran tersebut lebih sedikit dibandingkan rencana pelaksanaan pembelajaran pada pembelajaran langsung yang memang banyak muatan didalamnya (2) Kendala ada pada fasilitas untuk menunjang pembelajaran daring tersebut. Seperti tidak mempunyai handphone, jaringan lelet, perekonomian orang tua yang kurang dan guru belum terlalu menguasai aplikasi untuk pembelajaran daring.

ABSTRACT

Online learning is the best choice or alternative for education during this Covid period, because the learning process can’t be implemented directly or face to face. Online learning as second option expected can help teacher and students in implement learning activity for the teachers who are still come to school to give material online or for students which learn from home. The research objective are : 1) How is the online learning process in thematic subject on fifth grade of MI Nurul Ummah Sampit, 2) What are the problem in online learning in thematic subject on fifth grade of MI Nurul Ummah Sampit.

This research used qualitative descriptive method, with the correspondents are the teachers and fifth graders, the research object was online learning in thematic subject on fifth grade of MI Nurul Ummah Sampit. Data collection technique used interview and documentation. Data validation used triangulation technique and data analysis used Miles and Huberman model.

The result showed that : (1) In online learning process the teacher was lesson plan and syllabus oriented. The lesson plan used was suitable with this Covid emergency period, which its content less than lesson plan in direct learning. (2) The problem in online learning was facilities to support it, such as handphone, the network stability, in adequate parents’ economy and the teacher which not really mastered the application for online learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:18
Last Modified: 26 Jan 2021 01:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item