Pendidikan multikultural dalam kitab tafsir al-misbah dan al-azhar(studi komparatif surah al-hujurat ayat 13)

Agustini, Sri (2019) Pendidikan multikultural dalam kitab tafsir al-misbah dan al-azhar(studi komparatif surah al-hujurat ayat 13). Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sri Agustini-17016080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an telah menjelaskan tentang konsep multikultural, namun belum menjadi suatu disiplin ilmu yang disusun secara sistematis. peneliti mengkaji permasalahan dengan fokus kajian tafsir Al-Misbah karya Quraish Shihab dan tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka untuk mengungkap komparasi konsep pendidikan multikultural dalam surah Al-Hujurat ayat 13 menurut tafsir Al-Misbah dan Tafsir Al-Azhar.

Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yakni: (1). Bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam surah Al-Hujurat ayat 13 menurut kitab tafsir Al-Misbah? (2). Bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam surah Al-Hujurat ayat 13 menurut kitab tafsir Al-Azhar? dan (3). Bagaimana perbandingan penafsiran ayat 13 surah Al-Hujurat tentang pendidikan multikultural dalam tafsir Al-Misbah dan tafsir Al-Azhar? Tujuan Penelitian yakni: (1). Untuk mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam surah Al-Hujurat ayat 13 Menurut Kitab tafsir Al-Misbah. (2). Mengetahui konsep pendidikan multikultural dalam surah Al-Hujurat ayat 13 menurut kitab tafsir Al-Azhar. (3). Untuk mengetahui perbandingan antara beberapa tafsir, khususnya tafsir Al-Misbah dan tafsir Al-Azhar mengenai pendidikan multikultural.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan (library research), penulis menggunakan metode komparatif dan pendekatan teori meaning and understanding oleh Jorce Gracia untuk membantu memahami pemaknaan pendidikan multikultural yang terkandung dalam teks surah Al-Hujurat aayat 13 yang ada dalam tafsir Al-Misbah dan Al-Azhar. Analisis sesuai tahapanya, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian ini: Menurut Quraish Shihab konsep pendidikan multikultural merupakan paham di mana seseorang mengakui keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah. Hidup dengan mengakui egaliter (persamaan manusia), persaudaraan (ukhuwah), saling tolong menolong, dan saling mengenal. Multikultural yang terkandung dalam Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 13 menurut Hamka antara lain: al-musawah (persamaan/ kesetaraan), ukhuwah (persaudaraan), ta’aruf (saling mengenal), dan tasamuh (toleransi). Perbandingan Penafsiran ayat 13 surah Al-Hujurat tentang pendidikan multikultural dalam tafsir Al-Misbah dan tafsir Al-Azhar, Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah lebih menekankan bahwa multikultural merupakan paham di mana seseorang mengakui keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah. Sedangkan menurut Hamka dalam tafsir Al-Azhar multikultural lebih mengarahkan manusia untuk bersatu karena pada hakekatnya manusia berasal daripada asal keturunan yang satu.

ABSTRACT

Al-Qur’an have been explained about multicultural concept, but still not become a discipline knowledge that arranged systematically. The focus on this research were Kajian Tafisr Al-Misbah by Quraish Shihab and Tafsir Al-Azhar by Buya Hamka to expose the comparation multicultural education concept in Q.S. Al-Hujurat Verse 13 according to Tafisr Al-Misbah and Tafsir Al-Azhar.

There are three problems in this research, they are : (1) How does the Multicultural Education Concept in Q.S Al Hujurat Verse 13 according to Tafsir Al-Misbah ? (2) How does the Multicultural Education Concept in Q.S Al Hujurat Verse 13 according to Tafsir Al-Azhar ? (3) How does the comparison among some Tafsir, especially Tafsir Al-Misbah and Tafsir Al-Azhar about multicultural education ? The purpose of this research are : (1) To know the Multicultural Education Concept in Q.S Al Hujurat Verse 13 according to Tafsir Al-Misbah. (2) To know the Multicultural Education Concept in Q.S Al Hujurat Verse 13 according to Tafsir Al-Azhar. (3) To Know the comparison among some Tafsir, especially Tafsir Al-Misbah and Tafsir Al-Azhar about multicultural education.

This research used library research and comparative method and Meaning and Understanding Theory by Jorce Garcia to help understand the meaning of Multicultural Education that contain in Q.S Al Hujurat Verse 13 according to Tafsir AlMisbah and Al- Azhar. The data analysis through some phases like Data Collection, Data Reduction, Data Display and Conclusion.

The result of this research shows that : According Quraish Shihab Multicultural is an understanding which someone who admit the various and difference as Sunatullah. React to various doesn’t mean assimilate the culture, but admit the elagitary (Human Equal), Brotherhood ( Uhkuwah), Helping each other, knowing each other. Multicultural Education Concept that contain in Q.SAl Hujurat Verse 13 according to Buya Hamka are : Al-Musawah ( Equality), Uhkuwah ( Brotherhood), Ta’aruf (Knowing each other) and Tasamuh ( Tolerance). The Comparation of Verse 13 according to Tafisr Al-Misbah and Tafsir Al-Azhar. Quraish Shihab in Tafsir Al-Misbah emphasizes that Multicultural is an understanding where someone who admit the various as sunatullah. While Buya Hamka in Tafsir Al-Misbah emphasize that Multicultural prefer to human as unity because the human in truth are from one descendant.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural; Tafsir AL-Misbah,Tafsir Al-Azhar
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Keislaman > Tafsir
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 02 Sep 2020 08:30
Last Modified: 02 Mar 2021 02:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item