Penerapan metode asy-syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur'an di SMA Nusantara Palangka Raya

Adawiyah, Rabiyatul (2019) Penerapan metode asy-syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur'an di SMA Nusantara Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Rabiyatul Adawiyah-1501112044.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari masalah yang ditemukan dari hasil observasi di SMA Nusantara Palangka Raya, SMA Nusantara yang notabennya siswa berumur antara 16 sampai 18 tahun yang seharusnya mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar, baik dan benar, namun hal ini bertolak belakang dengan kenyataan siswa yang ada di SMA Nusantara, masih terdapat siswa yang kemampuannya membaca hanya pada tahap Iqro’. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMA Nusantara Palangka Raya sebelum diterapkan metode Asy-Syafi’i 2) Bagaimana proses penerapan metode Asy-syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMA Nusantara Palangka Raya. 3) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SMA Nusantara Palangka Raya setelah diterapkan metode Asy-Syafi’i.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pre test dan post test tanpa kelas kontrol, dengan sampel penelitian 10 orang siswa SMA Nusantara yang
beragama Islam. 3 orang siswa kelas X IPS, 2 orang siswa kelas X IPA, 5 orang siswa kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes (lisan) dan angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata untuk mencari peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an sebelum dan sesudah diterapkan metode Asy-Syafi’i, serta menggunakan rumus penjumlahan skor untuk mengetahui penerapan metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMA Nusantara Palangka Raya.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) hasil Pre Test kemampuan membaca Al-Qur’an tahap Iqro’ sebelum diterapkan metode Asy-Syafi’i. Diperoleh skor Pre Test tertinggi sebesar 63 dengan nilai C dengan tingkat kemampuan kurang dan skor terendah 41 dengan nilai E dengan tingkat kemampuan sangat kurang, dengan demikian kemampuan membaca Al-Qur’an memperoleh skor total Pre Test 564 dengan rata-rata 56,4. 2) Proses Penerapan metode Asy-Syafi’i dalam kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA Nusantara Palangka Raya meliputi: Perencanaan, pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi. Evaluasi penerapan metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMA Nusantara Palangka Raya diperoleh skor sebesar 78, dengan demikian maka penerapan metode Asy-Syafi’i dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMA Nusantara Palangka Raya memenuhi kriteria Baik. Kriteria Baik memiliki rentang antara 70 - ≤ 80. 3) hasil Post Test kemampuan membaca Al-Qur’an tahap Iqro’ setelah diterapkan metode Asy-Syafi’i diperoleh skor Post Test nilai tertinggi sebesar 95 dengan nilai A dengan tingkat kemampuan sangat baik, dan skor terendah 83 dengan nilai A dengan tingkat kemampuan sangat baik, dengan demikian kemampuan membaca Al-Qur’an memperoleh skor total Post Test 890 dengan rata-rata 89.

ABSTRACT

This research was based on the problems found from the observation at SMA Nusantara Palangka Raya, students between the ages of 16 and 18 years old who should be able to read Qur’an fluently, right and correctly, but it was contrary to the student reality. There were some students whose reading ability were only in the Iqro’ level. The implementation of the Iqro’ method and Faithful Friday activities had not been able to improve the student’s reading abilities in the Iqro’ level. For this reason, the researcher applied the Asy-Syafi’i method in Al-Qur’an learning at SMA Nusantara Palangka Raya. The aims of this research were; the students were able to read Al-Qur’an fluently and correctly. The research problems were: 1) How were the abilities of SMA Nusantara Palangka Raya students before applying Asy-Syafi’i method. 2) How were the processes of Asy-Syafi’i method in Al-Qur’an learning at the school. 3) How were the abilities of SMA Nusantara Palangka Raya students after applying the Asy-Syafi’i method.

This research was a quasi-experimental quantitative method. It was desined by pre-test and post-test without the control class. The research samples were 10 SMA Nusantara Palangka Raya students, 3 students of X IPS class, 2 students of X IPA class and 5 students of XI IPA class. The instruments used were oral tesing and questionnaires. Data analysis used the average formula to look for an increase the ability to read Al-Qur’an before and after applying Asy-Syafi’i method, and used the summing formula to find out the sum of scoring.

The results of this research indicated that; 1) the pre-test results in the ability of reading Al-Qur’an in Iqro’ level before implemeting the Asy-Syafi’i method were; the highest score was 63 (a value of C with a lack of ability), and the lowest score was 41 (a value of E with a very low level). The total number of Pre-test score was 564 with an average of 56.4. 2) the processes of implementing Asy-Syafi’I method in learning of reading Al-Qur’an at SMA Nusantara Palangka Raya were; planning, introducing, implementing and evaluation. The evaluation result of implementing the the Asy-Syafi’i method was 78, thereby the implementation of the Asy-Syafi’i method in Al-Qur’an learning at SMA Nusantara Palangka Raya included into good criteria, the good criteria had a range of between 70- < 80. 3) the results of the post-test in reading Al-Qur’an ability in Iqro’ level after implementing Asy- Syafi’i method, it obtained the highest post-test score of 95 (a value was very good ability level), and the lowest score of 83 ( a value was a very good ability level). The total number of post-test score was 890 with an average of 89.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca al-qur'an; Metode Asy-syafi'i
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 27 Aug 2020 08:02
Last Modified: 27 Aug 2020 08:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2535

Actions (login required)

View Item View Item