Inovasi baru integrated microbanking system collect Baitul Mal Wa Tamwil kube sejahtera unit 068 Palangka Raya

Tarmizi, Muhammad (2019) Inovasi baru integrated microbanking system collect Baitul Mal Wa Tamwil kube sejahtera unit 068 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Muhammad Tarmizi-1402120319.pdf

Download (2MB)

Abstract

Inovasi IBSCollect merupakan suatu inovasi yang sangat membantu dalam melayani nasabah secara langsung di Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan system layanan IBSCollect di Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya, untuk mengetahui dan mengkaji faktor-faktor kendala yang dihadapi Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 tentang layanan IBSCollect, dan efektifitas penerapan layanan IBSCollect di Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah karyawan Baitu Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya dan nasabah, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan pengumpulan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masukkan data, proses data, dan dari keluaran data. Masukkan data merupakan biodata nasabah dimana didalamnya terdapat data-data nasabah seperti: nama, tempat tanggal lahir, alamat nasabah dan juga nominal peminjaman. Penerapan IBSCollect Dalam Pelayanan Nasabah Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya belum maksimal berdasarkan pelaksanaannya di dalam melayani nasabah. Selama ini sistem IBSCollect terlalu tergantung kepada jaringan. Berdasarkan kualitas program aplikasi, penerapan IBSCollect merupakan salah satu program aplikasi yang sangat baik dalam hal pelayanan nasabah karena sangat memanjakan nasabah ketika ingin melakukan transaksi. Penerapan IBSCollect dalam pelayanan nasabah tidak pernah mengalami masalah internal yang didalam aplikasi tersebut seperti menu-menu yang terdapat dalam IBSCollect. Masalah atau kendala yang pernah terjadi selain terganggunya signal yaitu adalah masalah kinerja user (human error). Efektivitas yang di dapatkan Baitul Mal Wa Tamwil pada penerapan layanan IBSCollect yaitu: ketepatan waktu transaksi, lebih aman, meminimalkan human eror, efisiensi, mengurangi kesibukan teller, dan kepercayaan.

ABSTRACT

Inovation of IBSCollect is an inovation what were very need to serve customer by live in Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya. This reasearch was aimed to know and analyze the implementation of service system of IBSCollect in Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya, to know and review the factor and obstader what was faced of Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 about IBSCollect’s service and efectivity of implementation of IBSCollect’s service in Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejatera Unit 068 Palangka Raya.

This research was used kualitative descriptive method, subject of this research was the office of Baitul Mal Wa Tamwil Kube Sejahtera Unit 068 Palangka Raya and customer technik of data’s collect were used observation, interview, documentation. Data’s validation was used triangulation of source with data’s collect and same information from some different source.

The result of this research that input data, data’s processing and output of data. Input data was costumer’s bio were was input like name, date of birth, costumers dress and borrowing’s nominal. The implementation of IBSCollect in service was not maximal based the costumer service. For this time system of IBSCollect always need some network. Bared of aplication program quality, the implementation of IBSCollect was one of aplication program was very good in costumer service because very pamper for costumer, never has internal problem in aplication like menus in IBSCollect. The problem was found besides problem network was human error the efectivity was found of Baitul Mal Wa Tamwil on implementation, saver, minimalizing of human error, efecient, minimalizing of teller’s busing and trusting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inovasi;Baitul Mal Wa Tamwil;Penerapan Layanan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:45
Last Modified: 25 Aug 2020 07:45
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2531

Actions (login required)

View Item View Item