Mar'i, Anang (2010) Problematika guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran di SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Anang Mar'i - 0821111077.pdf Download (510kB) |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan selain dari permasalahan yang timbul dari guru bidang studi. Misalnya di antar para guru tersebut ada yang dating ke sekolah hanya pada waktu mau mengajar dan terkadang terlambat bahkan melebih waktu jam pelajaran yang telah dibuat. Ada pula guru di sekolah ini sambil berwiraswasta mencari penghasilan tambahan di luar dari penghasilan tetap yang diperoleh dari sekolah tersebut. Bukan bermaksud melarang para guru untuk mencari penghasilan tambahan, namun apabila mengabaikan tugas utamanya maka sama artinya menurunkan bahkan membuat para siswa tidak mendapatkan kesempatan untuk berprestasi.
Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah 1). Apa saja problematika guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir; 2). Apa saja hambatan-hambatan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir; 3). Apa saja upaya-upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi problematika Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan problematika guru-guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir; 2). Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir;; 3). Untuk mendeskripsikan cara mengatasi hambatan-hambatan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian 4 Orang Guru. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. pengabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dengan tahapan teknik reduction, display, dan conclution.
Hasil penelitian : 1) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran di SDN-2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan terhadap para guru dapat dikatakan tidak mampu, hal ini terbukti bahwa sebanyak empat orang guru tidak mampu menjawab pertanyaan tentang rencana pelaksanaan pembelajaransecara tepat, masih banyak ditemukan kekurangan pada mereka.; 2) Hambatan-hambatan para guru di SDN – 2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajarankarenakan faktor kesibukan masing-masing guru sehari-hari, sehingga dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaranterkadang terabaikan dan kurangnya buku-buku penunjang serta tidak pernah mengikuti pelatihan-pelatihan tentang membuat perencanaan pembelajaran. Tingkat pendidikan guru di SDN – 2 Kuala Pembuang I Kecamatan Seruyan Hilir Kabupaten Seruyan juga mempengaruhi berjalannya penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran, karena rata-rata gurunya masih berpendidikan Diploma Dua (D-2). Sebagian permasalahan tersebut juga telah menjadi bagian problematika di sekolah tersebut. Seperti yang diketahui, untuk meningkatkan mutu pendidikan, kepala sekolah telah menghimbau para guru untuk menuntut pendidikan minimal Strata Satu (S-1); 3) Upaya lain yang telah dilakukan guru dalam mengatasi problematika adalah menambah pengetahuan tentang membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menambah buku-buku penunjang, mengikuti pelatihan-pelatihan atau sosialisasi dari lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) dan mengikuti kuliah ke strata satu (S-1).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:58 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2514 |
Actions (login required)
View Item |