Problematika belajar bahasa arab siswa kelas viii Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat

Nastain, Nastain (2010) Problematika belajar bahasa arab siswa kelas viii Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nastain-0821111026.pdf

Download (905kB)

Abstract

Di Madrasah Tsanawiyah Tarmili Pangkalan Bun mata pelajar bahasa Arab diajarkan 2 kali pertemuan dalam satu minggu atau 4 jam pelajaran. Namun ada beberapa siswa yang masih belum tuntas dalam belajar, hal ini disebabkan karena masih kurangnya kemampuan siswa terhadap penguasaan materi membaca mufradat (kosa kata) dan kalimat bahasa Arab. Hal ini juga tidak terlepas dari latar belakang pendidikan sebelumnya, motivasi serta minat belajar siswa.

Masalah pokok penelitian adalah apa saja yang menjadi problem siswa dalam belajar bahasa Arab, yang mencakup problem internal siswa dan Problem eksternal siswa.

Penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif. Sedangkan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010 yang nilai mata pelajaran bahasa Arabnya ketika di kelas VII semester ganjil dibawah SKBM yang berjumlah 14 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk problema internal dilihat dari segi motivasi, minat dan metode belajar. Siswa yang bermotivasi dan berminat belajar bahasa Arab sebanyak 9 orang, kurang bermotivasi dan kurang berminat sebanyak 3 orang dan yang tidak bermotivasi dan tidak berminat sebanyak 2 orang. Dilihat dari segi metode belajar, siswa menggunakan metode menghafal, membaca, bertanya, memperhatikan penjelasan guru dan mengerjakan tugas kalau ada PR. Sedangkan problem eksternal yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Arab adalah materi pelajaran,fasilitas belajar, metode pembelajaran dan lingkungan. Materi pelajaran yang disampaikan berupa membaca mufradat dan kalimat, fasilitas yang digunakan buku-buku penunjang dan ruangan kelas, dan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 20 Jul 2020 01:38
Last Modified: 20 Jul 2020 01:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2509

Actions (login required)

View Item View Item