Rusdiana, Rusdiana (2012) Pelaksanaan tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Rusdiana - 0801121212.pdf Download (849kB) |
Abstract
Pentingnya pelaksanaan tata tertib sekolah bagi siswa di MA Darul Ulum Palangka Raya yang bertujuan membentuk pendidikan yang berakhlak Islami, cakap, disiplin dalam perkembangan pribadi dalam menjalankan sesuatunya secara lebih dewasa serta berguna bagi keluarga dan masyarakat sekitar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana pelaksanaan tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya? 2) Bagaimana pendekatan bimbingan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya? 3) Bagaimana penilaian/evaluasi pelaksanaan program pembinaan terhadap siswa yang melanggar tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya? 4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan perilaku siswa melalui pelaksanaan tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya?
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dengan subjek penelitian 1 (satu) orang guru bidang kesiswaan Palangka Raya. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya teknik pengabsahan data dengan teknik triangulasi dan dianalisis beberapa tahap, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verifying.
Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan tata tertib siswa bertujuan diterapkannya sikap disiplin pada diri anak didik, pembinaan yang dilakukan dalam pelaksanaan tata tertib siswa ialah secara berkelanjutan dan konsekwen untuk mengurangi pelanggaran terhadap tata tertib siswa, media yang digunakan dalam pelaksanaan tata tertib siswa ialah membicarakan dengan para dewan guru, memanggil orang tua wali murid dan berkonsultasi/rehabilitasi serta materi yang digunakan sesuai dengan masing-masing guru dan waktu yang digunakan tergantung permasalahan siswa tersebut; 2) Pendekatan bimbingan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan tata tertib siswa di MA Darul Ulum Palangka Raya, yaitu; preventif, kuratif atau korektif dan perseveratif; 3) Penilaian/evaluasi pelaksanaan program pembinaan terhadap siswa yang melanggar tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya, yaitu dilakukan dengan terstruktur dan terus menerus terutama bagi siswa yang terindikasikan melanggar tata tertib siswa yang ringan, sedang maupun berat kemudian akan ditindak lanjuti berdasarkan point atau nilai setiap kesalahan siswa-siswi sesuai dengan tata tertib siswa kemudian diakumulasi seluruh poin sampai batas tertentu; 4) Faktor pendukung pembinaan perilaku siswa melalui pelaksanaan tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya, yaitu adanya kerjasama antar pihak sekolah dengan pihak orang tua serta adanya kerja sama dengan semua guru mata pelajaran dan para wali kelas. Sedangkan, penghambat pembinaan perilaku siswa melalui pelaksanaan tata tertib siswa MA Darul Ulum Palangka Raya, yaitu lingkungan sekolah atau masyarakat, kurangnya kesadaran disiplin, peran orang tua dirumah serta tidak ada kerja sama antar guru untuk penerapan tata tertib siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 02:32 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 02:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2499 |
Actions (login required)
View Item |