Supriyadi, Gito (2006) Reliabilitas tes hasil belajar dan aplikasinya dalam evaluasi pembelajaran. Himmah, VIII (18). pp. 50-62.
Text
Gito Supriyadi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Reliabilitas adalah tingkat keajegan atau kemantapan hasil dari hasil dua pengukuran terhadap hal yang sama. Hasil pengukuran itu diharapkan akan sama apabila pengukuran diulangi pada waktu yang berbeda. Reliabilitas atau keajegan suatu skor merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan apakah tes telah menyajikan pengkuran yang baik atau belum. Pengukuran yang baik tentunya akan ajeg membedakan kemampuan peserta didik antara yang pandai dan yang kurang pandai. Reliabilitas memiliki dua keajegan, pertama adalah keajegan internal yakni tingkat sejauhmana tingkat butir soal itu homogen baik dari segi tingkat kesukaran maupun bentuk soalnya. Keajegan kedua adalah keajegan ektemal yakni tingkat sejauhmana skor dihasilkan tetap sama sepanjang kemampuan orang yang diukur belum berubah.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 07 Jun 2020 01:32 |
Last Modified: | 07 Jun 2020 01:32 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2393 |
Actions (login required)
View Item |