Manajemen pelayanan Puskesmas Menteng Palangka Raya ditinjau dalam ekonomi islam

Hayati, Sri Maulida (2018) Manajemen pelayanan Puskesmas Menteng Palangka Raya ditinjau dalam ekonomi islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sri Maulida Hayati-1402120310.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen pelayanan masyarakat bagian dari sebuah system yang mengatur bagaimana individu dapat melakukan sebuah tugas dengan tujuan yang sudah ditentukan. Manajemen pelayanan kepada masyarakat dapat berlaku pada semua aspek termasuk juga aspek kesehatan. Salah satunya yaitu pelayanan di Puskesmas Menteng yang meliputi derajat kesehatan, perilaku masyarakat, kesehatan lingkungan, dan pelayanan kesehatan uraian hasil pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan penunjan bagi masyarakat kota Palangka Raya. Namun dalam pelaksanaan sebuah system mangemen selalu ada kekurangan dan kelebihan, hal ini dapat di lihat dari dampak dalam pemberlakuan system tersebut. Dalam penelitian ini dari pokok pikiran tersebut peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen pelayanan Puskesmas Menteng kota Palangka Raya? (2) Bagaimana pelayanan Puskesmas Menteng ditinjau dalam Ekonomi Islam?.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu pihak UPT Puskesmas Menteng dan pegawai puskesmas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukan UPT Puskesmas Menteng kota Palangka Raya dalam perannya melayani masyarakat yaitu konsisten terhadap para pasien agar bias melayani pasien dengan baik. Dalam manajemen pelayanan puskesmas menteng mereka menyelenggarakannya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat yang sesuai dengan penyelenggarakan puskesmas, perlu ditinjau oleh manajemen pelayanan puskesmas yang baik. Adapun pelayanan puskesmas menteng ditinjau dalam ekonomi Islam yaitu memerlukan hadirnya sistem pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kaidah Islam untuk membantu penyembuhan, pemeliharaan kesehatan, sekaligus mampu menjadi sarana peningkatan keimanan seorang muslim yang menjalani pengobatan dan pelayanan, hendaknya dalam manajemen pelayanan dalam ekonomi Islam mempunyai tanggung jawab, kesopanan, keramahan, amanah, dan professional dalam segala aspek kehidupan, baik secara individual maupun dalam berorganisasi.

ABSTRACT

perform a task with a predetermined goal. Management of services to the community can apply to all aspects including aspects of health. One of th em is the service at Menteng Clinic which includes health status, community behavior, environmental health, and health services that describe the results of basic health services, referral health services and support for the people of Palangka Raya town. But in the implementation of a system management there are always shortcomings and strengths, this can be seen from the impact in the implementation of the system. In this study, from the point of view, the researcher formulated the following problems: (1) What is the implementation of the management by Menteng Clinic in Palangka Raya town? (2) How is the Menteng Clinic service reviewed in Islamic Economy?

This research is a qualitative research using a descriptive qualitative approach. The subjects in this study were the TIU of Menteng Clinic and Clinic employees. Data collection techniques carried out by observation, interviews, and documentation.

The results of this study show that the TIU of Menteng Clinic in Palangka Raya town in its role in serving the community is consistent with patients so they can serve patients well. In the management by Menteng Clinic services, organizing individual health and community health efforts that are in accordance with the implementation of health centers, need to be reviewed by good health center service management. The Menteng Clinic service is reviewed in Islamic economy, which requires the presence of a health care system in accordance with Islamic rules to help cure, maintain health, while being able to become a means of increasing the faith of a Muslim who is undergoing treatment and service , politeness, friendliness, trustworthiness, and professionalism in all aspects of life, both individually and in organization.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan; Puskesmas
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150402 Hospitality Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 22 May 2020 05:35
Last Modified: 22 May 2020 05:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item