Fujani, Bella (2019) Pelaksanaan penilaian sikap pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Bella Fujani- 1401111850.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari ketidakselarasan antara sikap peserta didik dan sistem yang telah diterapkan, dilihat dari sistem pelaksanaan penilaian sikap yang telah diterapkan pihak sekolah, yang mana telah sesuai dengan kriteria pelaksanaan penilaian sikap dalam kurikulum 2013 dimana penilaian sikap dilakukan lebih rinci menjadi penilaian sikap spiritual dan penilaian sikap sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) langkah apa yang dilakukan guru PAI dalam melakukan pelaksanaan penilaian sikap; (2) Pelaksanaan penilaian sikap di SMA NU Palangka Raya; (3) Instrumen penilaian sikap yang digunakan guru PAI di SMA NU Palangka Raya; (4) Kesulitan yang dihadapi guru PAI dalam pelaksanaan penilaian sikap; (5) Kriteria penilaian yang diperhatikan dalam penilaian sikap di SMA NU Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian observasi lapangan sebagai pengumpulan data utama sedangkan yang menjadi pengumpulan insidental adalah wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru PAI SMA NU sedang yang menjadi informan adalah kepala sekolah dan guru PKN.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah yang dilakukan guru PAI dalam pelaksanaan penilaian sikap adalah pertama Mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran, kedua Mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar pengamatan, ketiga Menindaklanjuti hasil pengamatan, dan langkah yang terakhir adalah Mendeskripsikan perilaku peserta didik di dalam lembar pengamatan yang telah dibuat oleh guru bersangkutan; (2) Pelaksanaan penilaian sikap di SMA NU Palangka Raya adalah yang pertama dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa peserta didik terkait pokok materi yang dibahas dalam bentuk tes tertulis, lisan maupun tindakan. Dan yang kedua Memberikan tugas di sekolah ataupun di rumah untuk memperkaya pengetahuan peserta didik juga dapat mengembangkan dan menambah rasa sikap tanggung jawab dan kerja keras peserta didik; (3) bentuk instrumen yang digunakan guru PAI di SMA NU Palangka Raya dalam melakukan penilaian sikap bentuk instrument penilaian sikap adalah lembar pengamatan berupa check list yang memuat daftar variabel untuk dikumpulkan datanya; (4) tidak ada kesulitan bagi guru PAI di SMA NU Palangka Raya dalam melakukan penilaian sikap karena memang peserta didik disana tergolong sedikit, hanya ada 14 orang peserta didik pada kelas X (IPA); (5) Kriteria penilaian sikap yang diperhatikan oleh guru PAI di SMA NU Palangka Raya dalam penilaian sikap ada empat (4) yaitu: sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap kerja keras dan sikap peduli.
ABSTRACT
This study is based on the incompatibility between the attitudes of learners and the system has been applied, the views of system implementation, the assessment that has been applied to the school, which has been in accordance with the criteria of the assessment exercise attitudes in the curriculum in 2013 where, the assessment carried out in more detail the assessment spiritual attitudes and assessment of social attitudes. This study aimed to describe: (1) what steps do PAI teacher in conducting the attitude assessment; (2) implementation the attitude assessment at SMA NU Palangkaraya; (3) the attitude assessment instruments used by teacher at SMA NU Palangkaraya; (4) the difficulties faced by teacher in implementing the attitude assessment at SMA NU Palangkaraya; (5) the assessment criteria are considered in the attitude assessment at SMA NU Palangkaraya.
This study used a qualitative approach, the type of field observation research as the primary data collection while the incidental collection are interviews and documentation. Which is the subject of research is the PAI teacher SMA NU while the informant is the headmaster and PKN teacher.
These results indicate that: (1) The steps taken by PAI teacher in the implementation, the assessment is the first observing the behavior of learners during learning, the second note of the behavior of learners using observation sheets, the third follow-up observations, and the last step is to describe the behavior of participants students in the observation sheet that has been made by the teacher concerned; (2) The attitude assessment implementation at SMA NU Palangkaraya the first offering the question to some learners related subject matter covered in the form of written tests, oral and action. And the second, giving assignment at school or at home to enrich the knowledge of students as well as to develop and add a sense of responsible attitude and hard work of learners; (3) the instrument form used by PAI teacher at SMA NU Palangkaraya in implementing the ttitude assessment observation sheet in the form of a check list containing the list of variables to be collected the data; (4) there is no difficulty for PAI at SMA NU Palangkaraya in doing attitude assessment because there is relatively small, there are only 14 students in class X (IPA); (5) The criteriaassessment considered by PAI teacher at SMA NU Palangkaraya in attitude assessment those arefour (4) assessments: discipline, responsibility attitude, the attitude of hard work and a caring attitude.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Sikap; Mata Pelajaran PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 23 Apr 2020 02:44 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 04:11 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2212 |
Actions (login required)
View Item |