usman, usman and Umroh, Siti and Sugiarti, Tuti (2010) Peran perpustakaan STAIN Palangka Raya sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian di STAIN Palangka Raya. Project Report. IAIN Palangka Raya, Palangka Raya. (Unpublished)
|
Text
stain-plk--usmandkk-39-1-sampul.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
stain-plk--usmandkk-39-2-babipe-n.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
stain-plk--usmandkk-39-3-babiil-i.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
stain-plk--usmandkk-39-4-babiii-n.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
stain-plk--usmandkk-39-5-babiv--v.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
stain-plk--usmandkk-39-6-babvik-n.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Perpustakaan perguruan tinggi punya peran penting dalam menunjang terlaksananya tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Namun pada kenyataannya tidak semua dosen dan mahasiswa dapat menjadikan perpustakaan sebagai sarana sumber informasi terpenting dalam menunjang tugas-tugas pokok mereka. Hal ini terlihat dari kurangnya minat kunjungan maupun dari kurang digunakannya perpustakaan sebagai sumber informasi dalam kegiatan penelitian. Oleh karena itu peneltian ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana peran perpustakaan sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian khususnya di STAIN Palangka Raya yang dideskrpsikan dalam bentuk pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi, upaya perpustakaan dalam meningkatkan perannya, dan permasalahan yang dihadapi perpustakaan dalam perannya sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan bentuk kwantitatif dan kwalitatif deskriptif (mixed methode). Penentuan subjek menggunakan teknik populasi dan sampel yaitu porpusive sampling. Adapun yang menjadi responden adalah dosen dan mahasiswa serta kepala perpustakaan. Penggalian data dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Data kwantitaif dianalisis dengan teknik prosentasi dan kemudian beserta data deskriptif lainnya dianalisis secara induktif dan deduktif.
Pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber informasi dalam menunjang kegiatan pembelajaran dan penelitian bagi mahasiswa pada kategore tinggi, namun bagi dosen pada kategore rendah. Penyebabnya adalah kebanyakan dosen sudah memiliki sendiri koleksi yang terkait dengan yang mereka ajarkan. Pada umumnya civitas akademika masih belum merasa cukup dengan koleksi yang dimiliki perpustakaan. selain itu fasilitas yang belum memadai juga menjadi penghambat keinginan mereka ke perpustakaan. Upaya yang dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan peran perpustakaan sebagai sumber informasi dan penelitian yaitu 1) pengadaan dan pengembangan koleksi perpustakaan yang terus menerus; 2) pengolahan koleksi agar bisa didayagunakan oleh pemustaka; 2) perluasan layanan kepada pemakai; 3) pengembangan teknologi informasi di perpustakaan; 4) melakukan kerjasama antar perpustakan tingkat regional dan nasional. Problem yang dihadapi perpustakaan dalam peranannya sebagai penyedia informasi untuk pembelajaran dan penelitian adalah: 1) pendanaan atau anggaran operasional yang masih kurang; 2) Sumber Daya Manusia yang masih kurang, baik dari segi kwantitas maupun kwalitas; 3) Sarana dan prasarana yang tidak memadai yang menyebabkan terhambatnya dalam pengembangan layanan. Selain itu ada sejumlah problem lainnya yaitu prosedur pengadaan yang berbelit-belit, persepsi pemustaka yang belum baik, struktur oraganisasi perpustakaan STAIN, dan profesi pustakawan yang masih belum dapat perhatian dari pemerintah
Item Type: | Research |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Perpustakaan Pusat |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 08:57 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 02:49 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/22 |
Actions (login required)
View Item |