Norlianti, Norlianti (2019) Persepsi peserta polis pada pelayanan PT Asuransi Tugu Kresna Pratama di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Norlianti-1504120403.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya unsur pelayanan, bagi lembaga penyedia jasa tak terkecuali asuransi. Adanya asuransi sebagai lembaga penyedia jasa atau layanan dituntut untuk selalu memanjakan konsumen atau pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik. Para pelanggan akan mencari produk berupa barang atau jasa dari perusahaan yang dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepadanya. Tidak terkecuali PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama yang menyediakan layanan kepada nasabahnya dengan jemput bola, diskon, dan premi polis asuransi yang kompetitif. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah pelayanan PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama kepada peserta polis Palangka Raya ? (2) Bagaimanakah persepsi peserta polis terhadap pelayanan pada PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama Palangka Raya ? Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui pelayanan PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama kepada peserta polis Palangka Raya. (2) Untuk mendeskripsikan persepsi peserta polis terhadap pelayanan pada PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, penelitian dilakukan selama 2 bulan bertempat di PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama Palangka Raya. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta polis dan karyawan pada PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama kota Palangka Raya dan objek penelitian penulis disini adalah PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama dalam menentukan subjek penelitian maka digunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pengabsahan data dengan triangulasi sumber. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti adalah (1) Data Collection, (2) Data Reduction, (3) Data Display, (4) Data Drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama telah memberikan pelayanan yang baik dibuktikan dengan kedisiplinan para karyawannya dalam melakukan pelayanan dengan merespon setiap nasabah yang ingin mendapatkan pelayanan secara cepat dan tepat serta melayani dengan tidak diskriminatif (membeda-bedakan) nasabahnya. (2) Persepsi peserta polis terhadap pelayanan PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama dalam hal ini, para nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan mereka memberikan tanggapan yang positif terhadap perusahaan PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama.
ABSTRACT
This research is motivated by the importance of service elementsfor service provider institutions, insurance is no exception. Insurance benefits as an institution or service provider is required to always delight customers or customers with the best service. The customers will be looking for a product in the form of goods or services from companies that can provide the best service to them. No exception PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama which provides services to its customers with proactive, discounts and polis premium with competitive insurance.Formulation of the problem: (1) How is the service at PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama to polis participants Palangka Raya? (2) How is the participants' perceptions of the policy to service at PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama Palangka Raya? Objective of the research: (1) To determine the service at PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama to polis participants Palangka Raya. (2) To describe the participants' perceptions to the service at PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama Palangka Raya.
This research is a qualitative descriptive study, the research carried out for 2 months at PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama Palangkaraya. The subjects in this study were polis participants and employees at PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama at Palangka Raya and the object of the research is PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama and in determining the subject of the research used purposive sampling technique. Data collection techniques used in this study are (1) observation, (2) interview, (3) documentation. This study uses the data to triangulate the source for legitimacy. The data collection techniques used by researcher are (1) Data Collection, (2) Data Reduction, (3) Data Display, (4) Data Drawing.
The results showed that (1) PT. Asuransi Tugu Kresna Pratama has provided good service as evidenced by the discipline of its employees in performing services by responding to every financial person who wants to get fast and appropriate service serving with non-discrimination (distinction) customers. (2) Polis participants' perceptions towards PT. Asuransi Tugu Kresna Pratamaservices in this case, the customer is satisfied with the services provided and they give a positive response to the companyPT. Asuransi Tugu Kresna Pratama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asuransi; Pelayanan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 03:11 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 03:12 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2191 |
Actions (login required)
View Item |