Pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kue bolu Hj.Enong Martapura

Musfiroh, Musfiroh (2019) Pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kue bolu Hj.Enong Martapura. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Musfiroh-1504120425.pdf

Download (2MB)

Abstract

Toko kue bolu Hj. Enong sebagai penggagas pertama kuliner kue bolu gulung khas Martapura, yang saat ini telah memiliki banyak pesaing di Martapura. Berdiri atau mulai merintis usahanya pada tahun 1990-an, dan saat ini telah memiliki 8 cabang toko kue Hj. Enong di wilayah kabupaten Banjar dengan penjualan perharinya mencapai 2000pcs. Hal yang menarik dari toko kue bolu Hj. Enong ialah walaupun sekarang banyak pesaing yang hampir sama persis produknya tetapi tetap saja kue bolu Hj. Enong banyak yang menyukai dan memilih produk tersebut. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji apakah ada pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di toko kue Hj. Enong.

Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah konsumen toko kue bolu Hj. Enong dan sampel yang digunakan adalah 95 responden. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Teknik analisis penelitian ini adalah uji normalitas, uji linieritas, uji produk moment, uji f, uji t dan uji regresi berganda. Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 16.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang didapatkan dari uji F secara bersama-sama sebesar 33.840, maka sesuai dengan kriteria uji F tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh secara signifikan. Hasil yang didapat dari nilai R Square sebesar 0,601 yang dapat diartikan bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi memiliki pengaruh sebesar 60.1% terhadap variabel keputusan pembelian konsumen, sedangkan 39.9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel produk, harga, lokasi dan promosi.

Selanjutnya hasil dari uji t secara sendiri-sendiri yaitu produk terhadap keputusan pembelian sebesar 7.571, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh secara signifikan, dan didapatkan hasil nilai R Square sebesar 0,381 yang dapat diartikan memiliki pengaruh sebesar 38.1%. Harga terhadap keputusan pembelian sebesar 7.498, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh secara signifikan, dan didapatkan hasil nilai R Square sebesar 0,377 yang dapat diartikan memiliki pengaruh sebesar 37.7%. Lokasi terhadap keputusan pembelian sebesar 9.778, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh secara signifikan, dan didapatkan hasil nilai R Square sebesar 0,507 yang dapat diartikan memiliki pengaruh sebesar 50.7%. Promosi terhadap keputusan pembelian sebesar 8.398, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh secara signifikan, dan didapatkan hasil nilai R Square sebesar 0,431 yang dapat diartikan memiliki pengaruh sebesar 43.1%.

ABSTRACT
Hj. Enong as the first originator of Martapura's typical cake bolu, which currently has many competitors in Martapura. Founded or started pioneering business in the 1990s, and currently has 8 branches of Hj. Enong in the Banjar district with daily sales reaching 2000pcs. The interesting thing about Hj. Enong bolu cake’s store is that even though many competitors are now has almost exactly the same products, but still Hj. Enong’s bolu cake’s anyone likes and choose the product. Then the purpose of this study is to examine whether there is an influence of product, price, location and promotion that influence consumer purchasing decisions at the Hj. Enong bolu cake’s store.

This research method is quantitative with quantitative descriptive approach. The population is the consumer of Hj. Enong bolu cake’s store and the sample used were 95 respondents. Data collection techniques are using a questionnaire and documentation. The analysis technique of this research is normality test, linearity test, moment product test, f test, t test and multiple regression test. The analysis of this study uses the SPSS 16.0 application.

The results of this study indicate that those obtained from the F test together amounted to 33,840, then according to the F test criteria, Ha is accepted, which means there is a significant influence. The results obtained from the value of R Square is 0.601 which can be interpreted that the product, price, location, promotion variables have an influence of 60.1% on consumer purchasing decision variables, while the other 39.9% is influenced by factors outside of product, price, location variables and promotion.

Furthermore, the results of the t test individually namely the product to the purchase decision is 7.571, then according to the t test criteria, Ha is accepted, which means there is a significant influence, and the R Square value of 0.381 is obtained, which can be interpreted to have an effect of 38.1% . The price of the purchase decision is 7.498, so according to the t test criteria, Ha is accepted, which means there is a significant influence, and the R Square value of 0.377 is obtained, which can be interpreted to have an effect of 37.7%. The location of the purchase decision is 9.778, then according to the t test criteria, Ha is accepted, which means there is a significant influence, and the results obtained R Square value of 0.507 which can be interpreted to have an effect of 50.7%. Promotion of the purchase decision is 8,398, according to the t test criteria, Ha was accepted, which means there was a significant influence, and the R Square value of 0.431 was obtained, which could be interpreted to have an effect of 43.1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Harga; Promosi; Konsumen
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:21
Last Modified: 03 Feb 2020 07:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item