Implementasi nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Muslimat NU Palangkaraya

Nurjanah, Siti (2018) Implementasi nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Muslimat NU Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skirpsi Siti Nurjanah - 1421111915.pdf

Download (883kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hak yang harus dipenuhi bagi setiap orang dengan adanya pendidikan maka kualitas hidup akan menjadi lebih baik. Pendidikan anak usia dini di taman kanak-kanak di fokuskan untuk mengembangkan seluruh aspek potensi anak. Salah satu aspek perkembangan anak usia dini yaitu aspek pengembangan mencakup moral, tingkah laku, dan karakter nilai-nilai agama.

Rumusan masalah pada penelitian adalah bagaimana cara guru mengimplementasikan nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Muslimat NU.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian dua orang guru wali kelas dan sentra agama sebagai informan adalah anak didik kelompok B. Teknik pengumpulan data digali dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan (kevalidan) data pada penelitian ini, maka digunakan teknik Pengabsahan data triangulasi yakni membandingkan hasil pengamatan dengan data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan4 tahapan yaitu, Collection Data, Data Reduction, Data Display dan Conclusion Drawing.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cara/metode yang digunakan guru dalam mengimplementasikan nilai agama dan moral adalah mendongeng, bercerita, dan tanya jawab. Metode yang di implementasikan kepada anak-anak merupakan tujuan untuk pembentukan nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Muslimat NU Palangka Raya.

ABSTRACT

Education is one of important thing that have to completed by everyone. The education makes life quality to be better. Education for children in kindergarten focused on developing children’s potensial aspects. The development aspects included moral development, behavior development, and religion values.

The formulation of the problem research is how does the teacher implementing the religion and moral value for children in TK Muslimat NU of Palangka Raya.

The research uses qualitative approach, the subjects are two of class teacher and religion sentra, and the informans are the children of B class. The technique of the data collection are observation, interview, and documentation. To get the legalize (validation) of the data in this research, the researcher uses data validation technique which obtained by interview and documentation. Validation of the data in this research uses4 steps; Data Collection, Data Reduction, Data Display and Conclusion Drawing.

The research result shows that the methode used by the teacher in implementing religion and moral value are tell a tale, tell a story, and discussion. The methode that implemented to the children is the purpose of making religion and moral value for the children in TK. Muslimat Nu of Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai agama; moral
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:39
Last Modified: 24 Sep 2019 01:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item