Fatimah, Siti (2018) Penerapan strategi card sort dalam mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Mutiara Insan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Siti Fatimah - 1201111715.pdf Download (1MB) |
Abstract
Guru merupakan orang yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan upaya atau usaha dari seseorang guru untuk mewujudkan pendidikan. Salah satu cara yang bisa digunakan dalam pembelajaran dikelas adalah guru melakukan penerapan strategi card sort. Strategi card sort adalah suatu strategi yang menggunakan media kartu, dalam strategi pembelajaran aktif card sort ini guru berperan sebagai motivator dan fasilitator.
Rumusan masalah dari penelitian ini: 1) Bagaimana persiapan guru pada penerapan strategi card sort dalam mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Mutiara Insan Palangka Raya 2) Bagaimana penerapan strategi card sort dalam mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Mutiara Insan Palangka Raya.3) Bagaimana nilai siswa setelah penerapan strategi card sort dalam mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Mutiara Insan Palangka
Penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian Mixed Methode, yaitu penggabungan antara metode kualitatif dan kuantitatiif dalam satu penelitian. Adapun subjek penelitian 1 orang guru al-qur’an hadits, kepala sekolah dan 10 orang siswa sebagai informent. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi
Hasil penelitiannya adalah: 1) Persiapan guru dalam penerapan strategi card sort mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Mutiara Insan Palangka Raya, ialah pembuatan RPP telah sesuai berdasarkan penggunaan kurikulum K13, menyiapkan potongan kertas sebagai media dalam pembelajaran, menyiapkan buku paket, serta menentukan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar. 2) Penerapan strategi card sort dalam mata pelajaran al-qur’an hadits di MI Mutiara Insan Palangka Raya, sudah sesuai dengan prosedur opresional yaitu bila dilihat dari penerapan strategi card sort yang dilakukan oleh seorang guru al-qur’an hadits, yaitu melakukan tiga langkah kegiatan a) kegiatan persiapan sebelum menerapan strategi card sort, b) menetapkan langkah-langkah kegiataan, e) menerapkan metode dan upaya dalam penerapan strategi card sort.3) Hasil dalam penerapan strategi card sort dibuktikan dari pertemuan pertama siswa yang tuntas berjumlah 4 siswa dari 20 siswa atau 20% ; pada pertemuan kedua siswa tuntas 6 siswa dari 20 siswa atau 30% ; pada pertemuan ketiga siswa yang tuntas berjumlah 9 siswa dari 20 siswa atau 45% ; pada pertemuan keempat siswa yang tuntas berjumlah 13 siswa dari 20 siswa atau 65% ; pada pertemuan kelima siswa yang tuntas berjumlah 15 siswa dari 20 siswa atau 75%.
ABSTARCT
The teacher is a person who is very influential in the world of education, to support this requires the effort or effort of a teacher to realize education. One way that can be used in class learning is that the teacher applies the card sort strategy. Card sort strategy is a strategy that uses card media, in this active learning strategy card sort the teacher acts as a motivator and facilitator.
The research problem of this research: 1) How is the preparation of the teacher on the application of the card sort strategy in the subjects of the hadith Qur'an in MI Mutiara Insan Palangka Raya 2) How does the application of card sort strategies in the subjects of the hadith Qur'an in MI Mutiara Insan Palangka Raya. 3) What is the result of the students' scores after applying the card sort strategy in the subjects of the hadith Qur'an in MI Mutiara Insan Palangka raya.
This study, the authors use the Mixed Method research method, which is a combination of qualitative and quantitative methods in one study. The research subject is 1 teacher of hadith al-qur'an, school principal and 10 students. Data collection techniques used in this study are observation, interview, documentation techniques.
The results of the research are: 1) Preparation of the teacher in the application of the card sort strategy subjects of the hadith qur'an in MI Mutiara Insan Palangka Raya, is the making of the RPP according to the use of K13 curriculum, preparing paper pieces as media in learning, preparing textbooks, and determine the methods used in the teaching and learning process. 2) The application of the card sort strategy in the subjects of the hadith Qur'an in MI Mutiara Insan Palangka Raya, is in accordance with the oppressional procedure which is when viewed from the application of the card sort strategy carried out by a teacher of the hadith Qur'an, which is to do three activity steps a) preparatory activities before applying the card sort strategy, b) setting the steps for activities, e) applying the methods and efforts in implementing the card sort strategy. The results in the application of a card sort strategy are evidenced from the first meeting of students who complete 4 students from 20 students or 20%; at the second meeting students completed 6 students from 20 students or 30%; at the third meeting students who completed totaled 9 students from 20 students or 45%; at the fourth meeting students who were complete totaled 13 students from 20 students or 65%; at the meeting of the five students who completed, there were 15 students from 20 students or 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 00:54 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 00:54 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1693 |
Actions (login required)
View Item |