Fatimah, Intan (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think Pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII di MTS Miftahul Jannah Palangka Raya tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (IF).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (IF).pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (IF).pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (IF).pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (IF).pdf Download (754kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka (IF).pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penilaian standar sebelumnya di ketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi umumnya belum mencapai nilai KKM klasikal misalnya pada materi pencemaran lingkungan. Hal itu disebabkan oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran berakibat tidak maksimalnya hasil belajar. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional Di Kelas VII MTs Miftahul Jannah Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi Pencemaran Lingkungan terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan purposive sampling, Pretes-Postes Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian adalah kelas VII semester 2 MTs Miftahul Jannah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015, sampel penelitian adalah kelas VIIA berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa;(a)Uji hipotesis dengan menggunakan rumus Uji-T menunjukkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh siginifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai thitung sebesar 2,073 sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 2 atau thitung > ttabel. Demikian dalam hal ini didapat ketentuan bila thitung > dari ttabel maka Ha di terima dan Ho ditolak, artinya model pembelajaran Think Pair Share pada materi pencemaran lingkungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share; hasil belajar; pencemaran lingkungan. |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 08:08 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 08:08 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |