Pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation (g.i) berbantu video terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik materi sistem gerak pada manusia kelas xi ipa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya.

Megawati, Selvia (2018) Pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation (g.i) berbantu video terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik materi sistem gerak pada manusia kelas xi ipa SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Selvia Megawati-1401140374.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil belajar sistem gerak belum sepenuhnya mencapai kriteria ketuntasan maksimal dikarenakan kurangnya minat belajar peserta didik, pada proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Hal ini lah menyebabkan rendahnya nilai peserta didik pada materi sistem gerak. Maka dari itu perlunya metode yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kelas. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap keaktifan peserta didik, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Group Investigation terhadap prestasi belajar peserta didik, 3) mendiskripsikan keaktifan peserta didik menggunakan Group Investigation, 4) mendiskripsikan prestasi peserta didik menggunakan kooperatif Group Investigation.
Penelitan ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non-equvalent Control Group Design dan teknik sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrument yang digunakan adalah soal objektif dan untuk mengukur keaktifan peserta didik menggunakan lembar observasi skala penilaian dengan skala empat melalui rubrik kurang, cukup, baik dan sempurna.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif model pembelajaran group investigation terhadap keaktifan peserta didik pada materi sistem gerak pada kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif group investigation terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem gerak kelas XI IPA 2 Muhammadiyah 1 Palangka Raya, 3) Keaktifan peserta didik kelas XI IPA 2 dengan model pembelajaran kooperatif Group Investiagation mencapai 76,76% sedangkan kelas XI IPA 1 dengan model konvensional sebesar 59,54% hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. 4) Prestasi belajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbantu video berpangaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi sistem gerak kelas XI IPA 2 Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest 42 dan posttest 79 dengan selisih 37,16 dan nilai N-gain 0,64 dengan kategori sedang.

ABSTRACT

This research based on students' learning outcomes in learning Biology. It has minimum standard maximum completeness crit, because of students' interest still teacher-centered so that way students are less active in the learning process. This is the reason for the low value of students in the motion system material. Its need the methods that can increase the students' activeness in the classroom. This study aims: 1) to determine the effects of cooperative learning group investigation on students' activeness, 2) to determine the effects of cooperative learning group investigation on students' achievement, 3) to describe the students' activeness using Group Investigation, 4) to describe students' students' achievement using Group Investigation.
This study belongs to quasi-experimental with a Quantitative Approach. The instrument in this study using Non-equivalent control group design group control and Experimental group. This study used purposive sampling.The instrument used to measure students' activity and achievements. The observation sheets used to observation consists of four scales through less, sufficient, good and perfect rubrics.
The results showed that: 1) There were the significant effects of a cooperative learning group investigation model on students' activeness in XI IPA 2 of Muhammadiyah 1 High School in Palangka Raya. 2) There were the significant effects of cooperative learning group investigation on students' achievement in XI IPA 2 Muhammadiyah 1 Palangka Raya, 3) The activeness of students in XI IPA 2 with Group Investigation cooperative learning model is 76.76% and XI IPA 1 with conventional models is 59.81%. The data shows the group investigation learning model can increase on students' activeness in learning. 4) Learning achievement using the investigation group learning model helps video influence on students' learning achievement on the material of the motion system XI IPA 2 Muhammadiyah 1 Palangka Raya. The average of pretest was 42 and posttest was 79 with the difference of 37.16 and the N value of 0.64 with the medium category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:13
Last Modified: 20 Sep 2019 02:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item