Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem di kelas VII semester II MTSN 1 Model Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015

Aprilia, Indri (2015) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi pada materi ekosistem di kelas VII semester II MTSN 1 Model Palangka Raya tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (IA).pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (IA).pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (IA).pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (IA).pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (IA).pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (IA).pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan observasi awal proses pembelajaran IPA di MTsN 1 Model Palangka Raya cenderung belum bervariasi, yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan atau metode tanya jawab. Pembelajaran juga belum terpusat pada peserta didik. Akibatnya, sebagian besar peserta didik menjadi kurang aktif. Selain itu juga pembelajaran di dalam kelas masih bersifat individual sehingga tidak melatih siswa untuk saling bekerja sama. Salah satu usaha untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di MTsN 1 Model Palangka Raya khususnya materi ekosistem karena ekosistem merupakan kesatuan dari suatu komunitas dengan lingkungannya dimana terjadi antar hubungan. Ekosistem ini tidak hanya mencakup serangkaian spesies tumbuhan dan hewan saja, tetapi juga segala macam bentuk materi yang melakukan siklus dalam sistem itu serta energi yang menjadi sumber kekuatan, serta lingkungan sekolah juga mendukung untuk mengkaji materi tentang ekosistem. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation (GI). Model kooperatif tipe group investigation (GI) memiliki tiga konsep utama, yaitu penelitian, pengetahuan, dan dinamika belajar kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.

Model pembelajaran yang digunakan memiliki 6 tahapan yaitu, 1) Mengidentifikasi topik dan mengatur peserta didik kedalam kelompok, 2) Merencakan tugas yang akan dipelajari, 3) Melaksanakan Investigasi, 4) Menyiapkan laporan hasil, 5) Mempersentasikan laporan akhir, 6) Evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar, RPP dan LKPD. Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di gunakan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan 4 option yaitu pilihan a, b, c, dan d.

Hasil penelitian menunjukan hasil belajar akhir (postest) kelas VII-1 lebih tinggi (77,21) dari pada kelas VII-2 (69,15). Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh dalam perhitungan (t= 4,699) dan besar t yang tercantum dalam tabel nilai “t” (tt.ts.5%=2) atau (4,699>2). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi peserta didik di MTsN 1 Model Palangka Raya khususnya materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Materi Ekosistem; Model Kooperatif Tipe Group Innvestigation (GI); Hasil Belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 14 Sep 2016 08:00
Last Modified: 14 Sep 2016 08:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item