Minat masyarakat membeli bahan pokok di Hypermart Kota Palangka Raya

Adawiyah, Rabiatul (2018) Minat masyarakat membeli bahan pokok di Hypermart Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Rabiatul Adawiyah - 1402120312.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahan pokok yang bersifat primer maupun sekunder merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan oleh setiap manusia untuk bertahan hidup. Bahan-bahan pokok tersebut dapat ditemukan di tempat-tempat seperti pasar tradisional dan pasar modern. Pasar modern seperti Hypermart Kota Palangka Raya menyediakan berbagai kebutuhan-kebutuhan bahan pokok baik primer atau sekunder yang diperlukan oleh masyarakat khususnya masyarakat kota Palangka Raya. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi minat masyarakat membeli bahan pokok di Hypermart Kota Palangka Raya. Dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana minat masyarakat kota Palangka Raya membeli bahan pokok di Hypermart kota Palangka Raya? (2) Faktor apa saja yang menyebabkan minat masyarakat membeli bahan pokok ke Hypermart kota Palangka Raya?
Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu karyawan Hypermart Kota Palangka Raya dan masyarakat yang membeli bahan pokok di Hypermart kota Palangka Raya yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan dengan triangulasi data sumber. Analisis data dengan koleksi data, pengolahan data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat kota Palangka Raya lebih berminat membeli bahan pokok di Hypermart kota Palangka Raya dengan alasan kenyamanan, dan kemudahan baik dalam membeli keperluan sehari-hari maupun membeli kebutuhan yang lainnya dan kemudahan pada saat transaksi. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut yaitu, tempat, persepsi, kemasan, harga, produk, dan promosi. Faktor utama yang mempengaruhi minat beli masyarakat di Hypermart adalah tempat baik lokasi Hypermart itu sendiri maupun penempatan produk bahan pokok yang ingin dibeli. Faktor lain yang juga paling mempengaruhi yaitu faktor persepsi masyarakat. Persepsi merupakan pendapat masyarakat yang berbelanja di Hypermart yang merasakan kepuasan karena kebutuhan yang diperlukan telah terpenuhi, kenyamanan, dan kesenangan saat berbelanja maupun setelah berbelanja di Hypermart kota Palangka Raya.

ABSTRACT

Either primary or secondary staples are needed for every people. Those staples could be finding in traditional or modern market. A modern market such as Palangka RayaHypermart has every kind of staple primary and secondary,especially for Palangka Raya people. The objective of this study is to find and analyse the factors that influence peoples’ interest to buy staples in Palangka Raya Hypermart. The research problem of this study were (1) how do Palangka Raya peoples’ interest in buy staples at Hypermart? (2) What are the factors that influence peoples’ interest in buy staples to Hypermat?

This study was qualitative research with descriptive qualitative design.The subjects of this study wereHypermart’s employs and the society of Palangka Raya who buy the staples in Palangka Raya Hypermart. The data got from instruments such as observation, interview and documentation. Data endorsement used with source data triangulation. Data analysis with data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

The result of this study showed that Palangka Raya people tent to buy staples in Hypermart because of the convenience, easiness in purchase and transaction. This is affected by the factors such as place, perception, packaging, price, product and promotion. The main factor that influence people interest to buy in Hypermart are the right placement of its and also the placement of staples. The other factor is the people perception, where the perception hereis peoples’ opinions who buy in Hypermart feel pleasure, convenience and enjoymentbecause needs have been fulfilled during or after shopping in Palangka Raya Hypermart

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat; Konsumen; Bahan Pokok; Pasar Modern
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Jul 2019 02:37
Last Modified: 08 Jul 2019 02:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item