Silviandari, Pionita (2018) Pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Abstrak.pdf Download (550kB) |
|
Text
Isi Skripsi Pionita Silviandari - 1201111713.pdf Download (374kB) |
Abstract
Pembelajaran Akidah Akhlak adalah salah satu bidang studi yang mengajarkan pola hidup serta tingkah laku yang sesuai dengan tuntunan syari’at Islam. Oleh karena itu pembelajaran tersebut sangat tepat untuk mengantisipasi dekadensi moral yang terjadi di kalangan siswa. Pemberian pembelajaran tersebut sebagai salah satu upaya menanamkan mentalitas dalam kehidupan sehari-hari dan tidak terjerumus dalam berbagai bentuk tindakan atau perbuatan asusila. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa banyak siswa kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin, ketika Pembelajaran Akidah Akhlak dikelas, siswa tidak memahami materi yang di sampaikan guru. Hal ini mungkin saja, guru ketika pembelajaran kurang menarik perhatian siswa. Oleh sebab itu dalam proses pembelajaran di sekolah dibutuhkan kreativitas dan keaktifan seorang pengajar dalam membuat proses pembelajaran yang di terapkan kurang tepat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda Samuda Kec. Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda Kec. Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur?
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskrifsikan proses pembeajaran AkidahAkhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda, yaitu mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda; (2) pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda Kec. Mentaya Hilir Selatan Kabupaten Kotawaringin Timur.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda dan Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran Akidah Akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin Samuda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data reduction, data display, danconclusion.
disimpulkan: 1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dalam membuat RPP meliputi beberapa tahapan-tahapan, di antaranya merumuskan tujuan pembelajaran, isi (materi), metode, media danevaluasi. Dalam hal ini apa yang dilakukan oleh guru akidah akhlak sudah tepat, karena dengan adanya perencanaan pembelajaran tersebut, akan memudahkan seorang guru dalam pelaksanaan proses pembelajarandan agar tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan; (2) Pelaksanan Pembelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Sabilal Muhtadin berjalan dengan baik sesuai RPP yang dibuat Komponen-komponen pembelajaran tersebut mencakup tujuan, materi, metode, media dan evaluasi sudah terlaksana cukup baik.
ABSTRACT
Learning of Akidah Akhlak is one field of study that teaches lifestyle and behavior in accordance with the guidance of Islamic Shari'ah. Therefore, learning is very appropriate to anticipate the moral decadence that occurs among students. Provision of learning as one effort to instill mentality in everyday life and not fall into various forms of action or immoral action. Facts in the field show that many students of grade VIII MTs SabilalMuhtadin, when the learning of AkidahAkhlak in class, students do not understand the material presented by the teacher. Therefore, in the process of learning in schools required the creativity and liveliness of a teacher in making the learning process in applying less precise.
This research uses qualitative research form, with descriptive method. Subjects in this study were teachers of AkidahAkhlak in class VIII MTs SabilalMuhtadinSamuda and Objects in this study is the process of learning AkidahAkhlak in class VIII MTs SabilalMuhtadinSamuda. The techniques of Data collection used were observation, interviews and documentation. The validity of the data used is the triangulation technique. The technique of Data analysis used is data collection, data display, and conclusion.
Based on the result of the study, it could be concluded that: 1) The planning of AkidahAkhlak in class VIII MTs SabilalMuhtadin conducted by subject teachers in making RPP covers several stages, including formulating learning objectives, contents, methods, media and evaluation. In this case what is done by teachers of AkidahAkhlak have been right, because with existence of planning of learning, will facilitate a teacher in execution of process of learning and to achieve the purpose of learning which is wanted. 2) Implementation learning of AkidahAkhlak in class VIII MTs SabilalMuhtadin conducted by subject teachers is still not optimal, it can be seen from the method used is limited to, discussion method, question and answer, and lecture. The media used was only limited from the blackboard, chalk, books, and other media that support the process of AkidahAkhlak. While the type of assessment conducted to evaluate the learning of AkidahAkhlak in MTs SabilalMuhtadin is in the form of daily test, semester test, and observation of student's daily behavior.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak; |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 01:54 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 01:54 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1599 |
Actions (login required)
View Item |