Kemampuan guru dalam melaksanakan model pembelajaran tematik pada kelas II di MIS Mutiara Insan Palangka Raya

Rizqiah, Miftahul (2018) Kemampuan guru dalam melaksanakan model pembelajaran tematik pada kelas II di MIS Mutiara Insan Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Miftahul Rizqiah - 1401111824.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema. Guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran tematik tidak serta merta diberikan kepada peserta didik. Akan tetapi dibutuhkan persiapan yang optimal sehingga pembelajaran tematik dapat dilaksanakan dengan baik. Persiapan tersebut membutuhkan peran serta pemerintah dalam memberikan sosialisasi kepada guru-guru tentang implementasi Kurikulum 2013 khususnya pelaksanaan pembelajaran berbasis tematik. Penulis tertarik untuk mengangkat judul “Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Model Pembelajaran Tematik pada Kelas II di MIS Mutiara Insan Palangka Raya”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan guru, 2) Bagaimana pelaksanaan yang dilakukan guru dan 3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan gutu pada pembelajaran tematik kelas II di MIS Mutiara Insan Palangka Raya ? Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru dalam pelaksanaan model pembelajaran tematik pada kelas II di MIS Mutiara Insan Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, objek penelitian adalah kemampuan guru melaksanakan pembelajaran tematik di kelas II. Sedangkan subyek penelitian ini adalah guru kelas II MIS Mutiara Insan Palangka Raya yang menjadi informan adalah kepala sekolah. Adapun teknik mengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan 3 tahapan yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru melakukan perencanaan pembelajaran tematik sudah sesuai dengan kriteria perangkat pembelajaran yaitu menentukan indikator, metode, langkah mengajar, cara memotivasi murid, berpedoman pada kurikulum, menentukan alokasi waktu, media dan sumber pengajaran, maka guru memperoleh skor 4 (Mampu). 2) Guru melaksanakan pembelajaran tematik dengan menyampaikan bahan pengait atau bahan apersepsi, memotivasi siswa, menyampaikan bahan, memberikan contoh, menggunakan alat/media, memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif, memberi penguatan, mengatur waktu, mengorganisai murid, menanfaatkan fasilitas belajar, menyimpulkan pelajaran dan memberi tindak lanjut, maka guru memperoleh skor 4 (Mampu). 3) Guru melaksanakan penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung dan guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan sintaks pembelajaran tematik, maka guru memperoleh skor 4 (Mampu).

ABSTRACT

Learning with thematic approach is a learning use a theme. Teacher of class in implementing thematic learning not give to the students. But there is need an optimal preparation to make thematic learning can be implemented well. That preparation need the government to give socialization for the teachers about implementation K-13 especially thematic learning model. The writer interested to propose this title “ The Teacher’s ability in implementing thematic learning model in second grade at MIS Mutiara Insan Palangka Raya”. The problem of this study are 1) How does the preparation by the teacher, 2) How does the implementation by the teacher and 3) How does the evaluation of thematic learning model by the teacher in second grade at MIS Mutiara Insan Palangka Raya ? The purpose of this research is to describe the plan, implementation and evaluation do by teacher in implementing thematic learning model in second grade at MIS Mutiara Insan Palangka Raya.
This research used qualitative approach, the object of this research is teacher’s ability in implementing thematic learning in second grade. While the subject of this research is the teacher in second grade at MIS Mutiara Insan Palangka Raya who become Informant is Headmaster. The data collection technique using observation, interview and documentation. The data analyzed by 3 phases, they are Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing.
The result of this study shows that 1) The teacher’s plan thematic learning is appropriate with criteria like decide indicator, method, teaching step, way to motivate the students, based on curriculum, set time allocation, median and source of teaching, so that teacher got score 4 (capable). 2) The teacher implement the thematic learning with convey the related material or apperception material, motivate the students, convey the material, give an example, give enhancement, set the time, organize the students, use the learning facility, conclude the course and give furthermore action, so the teacher get score 4 (capable). 3) the teacher evaluate while learning process happen and teacher implement appropriate with thematic learning syntax, so the teacher get score 4 (capable).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; tematik; guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 16 May 2019 01:10
Last Modified: 16 May 2019 01:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item