Pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas V MIS Darussa’adah Palangka Raya

Satriawati, Dina (2015) Pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas V MIS Darussa’adah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai karakter. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas V MIS Daruss’dah Palangka Raya, meliputi: (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas V MIS Daruss’dah Palangka Raya, (2) Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ditanamkan padamata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Darussa’dah Palangka Raya, dan (3) Bagaimana metode guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Darussa’dah Palangka Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter, pendidikan karakter apa saja yang ditanamkan, dan bagaimana metode guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Darussa’dah Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menjadikan guru mata pelajaran Akidah Akhlak sebagai sumber data, sedangkan sebagai informan adalah kepala sekolah, wali kelas V, dan beberapa siswa kelas V MIS Darussa’adah Palangka Raya. Analisis data menggunakan teknik analisis versi Miles dan Hubberman yaitu collection data, reduction data, display data dan inductive conclusion, sedangkan pengesahan data menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Pelaksanaan pendidikan karakter padamata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Darussa’dah Palangka Raya dijalankan pada beberapa kegiatan yang diselenggarakan di dalam kelas, baik yang terprogram maupun tidak. Pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak tidak hanya terpaku pada materi pembelajaran yang diberikan, akan tetapi pelaksanaan pendidikan karakter dimulai ketika guru memasuki kelas dan melakukan serangkaian kegiatan hingga guru meninggalkan kelas. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MIS Darussa’dah Palangka Raya adalah nilai religius, disiplin dan tanggung jawab, namun bukan berarti nilai-nilai pendidikan yang lain tidak ditanamkan. Dan (3) Adapun metode guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Kelas V MIS Darussa’dah Palangka Raya adalah dengan metode pembiasaan, keteladanan dan integrasi. Setiap kegiatan yang berlangsung di kelas diupayakan selalu menampilkan serta memberikan nilai-nilai karakter agar tertanam pada diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: karakter; aqidah; akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 31 Aug 2016 06:38
Last Modified: 31 Aug 2016 06:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/140

Actions (login required)

View Item View Item