Anwar, Khairil (2005) Pendidikan Islam di Indonesia: Krisis dan Solusi. Himmah.
Text
khairil_anwar.pdf Download (182kB) |
Abstract
Dikotomi kelembagaan dan kurikulum dalam pendidikan Islam masih merupakan agenda permasalahan yang belum terselesaikan. Permasalahan yang cukup serius dan sampai sekarang masih aktual adalah selain lemahnya kesadaran dan pengalaman nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari di satu sisi, juga yang tidak kalah seriusnya adalah kurangnya kualitas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di sisi yang lain. Sungguh banyak para pakar memberikan solusi alternatif terhadap permasalahan tersebut. Namun, yang sangat penting dari semua solusi adalah bagaimana mengisi dan mewarnai semua cabang ilmu yang diajarkan untuk dapat mengenal dan mendekat kepada Allah, sebagai Tuhannya. Bersamaan dengan itu, perlu juga upaya serius peningkatan kualitas keilmuan dengan menyesuaikan model kelembagaan dan kurikulum serta metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:36 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:36 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1391 |
Actions (login required)
View Item |