Bahrudiansyah, Bahrudiansyah (2015) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas X di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (AR).pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (AR).pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (AR).pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (AR).pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV (AR).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI (AR).pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Implementasi kurikulum 2013 telah dilaksanakan di sekolah yang telah ditunjuk sebagai pelaksana kurikulum 2013. SMA Negeri 2 Palangka Raya sebagai sekolah yang menjalankan implemetasi kurikulum 2013. Ketika saat guru mengajar di dalam kelas, Implementasi kurikulum tidak lepas dari strategi, metode dan media pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji masalah yang mendasar tentang bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada saat guru mengajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 2 Palangka Raya. Yaitu meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, serta faktor yang mendukung dan penghambat ketika proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Palangka Raya.
Penelitian ini mengguankan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengajar di kelas X-MIPA 3 dan X-MIPA 6 SMA Negeri 2 Palangka Raya. Penggalian data di lakukan dengan melakukan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini, adalah: 1) Data collection (pengumpulan data), 2) Data reduction (pengurangan data), 3) Data display (penyajian data), 4) Conclusion / Verefying (penarikan kesimpulan dan verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implemntasi kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 2 Palangka Raya, dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, meliputi 1) Guru membuat perencanaan dalam Program Tahunan, Program Semester dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) masih banyak kekurangan karena guru dalam pembuatan perencanaan cuma dengan apa adanya dan perencanaan pun tidak sempurna sebagaimana ketentuan kurikulum 2013. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kurang sesuai dengan kurikulum 2013 karena guru mengggunakan pendekatan saintifik secara teracak dan tidak sesuai dengan lima kompnen saintifik. 3) Guru sudah melakukan penilaian, tetapi intrumen penilaian dan blangko penilaian tidak dibuat oleh guru, padahal kurikulum 2013 harus mengenal murid pada kelas yang diajar. Kendala yang dihadapi adalah tidak ada buku paket pelajaran secara langsung, hal itu menyulitkan guru dan siswa karena buku cuma berbentuk pdf. Walaupun ada kendala guru tetap mengajar dengan baik sesuai materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kurikulum; mata pelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 07:59 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 08:49 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/132 |
Actions (login required)
View Item |