Manajemen sukses bisnis rumah makan al-mu’minun di kota Palangka Raya

Wardana, Ahmad Rifki (2018) Manajemen sukses bisnis rumah makan al-mu’minun di kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Ahmad Rifki Wardana - 1302120240.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen sukses bisnis Rumah Makan Al-Mu’minun yang berada di Jalan Darmusugondo no. 05, Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang: (1) Perkembangan bisnis Rumah Makan Al-Mu’minun di Kota Palangka Raya; (2) Manajemen dan tips Rumah Makan Al-Mu’minun di Kota Palangka Raya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek pelaku usaha, karyawan dan informan lain sebagai pendukung. Pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya pada tahapan analisis yaitu: (1) Data reduction (pengolahan data), (2) Data display (penyajian data), dan (3) Conclusions drawing (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bisnis yang dijalankan rumah makan Al-Mu’minun hingga saat ini masih berjalan dengan baik dan pengunjung masih berdatangan. Pada bagian produksi, bahan-bahan baku yang didapat masih bagus, baik, serta halal untuk dikonsumsi. Distribusi, karyawan melayani langsung konsumen meskipun dilakukan secara bergantian. Harga, yang ditetapkan sudah sesuai dengan pasaran tergantung apa yang jadi pesanan konsumen. (2) Manajemen bisnis rumah makan Al-Mu’minun melaksanakan empat fungsi yang ada pada manajemen yaitu, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengendalian (controlling). Kemudian tips sukses bisnis pada rumah makan Al-Mu’minun berdasarkan nilai Hardskill nya yaitu keterampilan mempertahankan cita rasa makanannya dan Softskill nya yaitu berdasarkan nilai ibadah kewajiban seorang muslim atau sunnah seperti mengutamakan shalawat nabi ke dalam aktivitas bisnis.

ABSTRACT

This research focuses on in the culinary area especially on business management on Al-Mu’minun resto which strategically located on Jalan Darmusugondo no. 05, Palangka Raya. In addition, it has two purposes (1) business on Al-Mu’minun Resto Palaangka Raya. (2) management and strategy Al-Mu’minun Resto in Palangka Raya.
This research is based on field research with descriptive qualitative approach and the owner, the employees, and others is using as source of data. Observation, interview, and documentation are the technical approach for collecting the data. In the next step, the researcher analyzes the results from collecting, displaying, analyzing and the last, concluding.
The results informed that (1) this restaurant has good management in their system looking at the number of visitors. On Production section, main ingredient should have good quality and halal to consume. On distribution section, the employees are required to serve the consumers based on schedule. While, Price depends on the availability of ingredients and consumers’ request. (2) Al-Mu’minun Resto is perfectly follow the four-rule good management namely planning, organizing, actuating, and controlling. Therefore, tips for success business on Al-Mu’minun resto based on value Hardskill is is to keep skills on culinary business and Softskill is bring the value of worship a muslim or sunnah like feature shalawat of prophet Muhammad to be strategy focuses in business

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Bisnis
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Jan 2019 03:15
Last Modified: 23 Jan 2019 03:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item