Ramadani, Ahmad (2018) Etika guru menurut pemikiran Ahmad Dahlan dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Ahmad Ramadani - 1001111450.pdf Download (1MB) |
Abstract
Menurunnya etika guru terlihat dari banyaknya pemberitaan dilapangan, mengenai pencabulan sampai tindak kekerasan yang dilakukan oknum guru kepada muridnya masih saja terus bermunculan. Pada lingkup lembaga pendidikan, guru harusnya mengetahui sampai batas mana pergaulan yang dilakukan di sebuah lembaga pendidikan. Selain berpedoman dari kode etik guru yang telah ada, guru hendaknya melihat kembali pada tokoh-tokoh intelektual muslim terdahulu yang bergelut dalam pendidikan Islam. Ada banyak tokoh yang memiliki kontribusi besar dalam pendidikan Islam, namun disini penulis memilih dua tokoh terkemuka yaitu Ahmad Dahlan yang lebih menampilkan sosok manusia amal dan Muhammad Athiyah Al-Abrasyi yang memiliki banyak gagasan. Sebagai seorang pendidik, kedua tokoh tersebut sangat patut dijadikan teladan oleh para guru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) bagaimana pemikiran Ahmad Dahlan tentang etika guru? (2) bagaimana pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi tentang etika guru? Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pemikiran Ahmad Dahlan tentang etika guru, kemudian (2) mendeskripsikan pemikiran Muhammad Athiyah Al-Abrasyi tentang etika guru.
Jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan data primernya adalah Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam/Mohd. Athiyah Al-Abrasyi; alih bahasa, H. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. Kemudian Falsafah Ajaran KH. Ahmad Dahlan karya murid beliau K.R.H Hadjid. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif.
Hasil penelitian: (1) pemikiran Ahmad Dahlan tentang etika guru yakni menyayangi peserta didik, mengajar dengan ikhlas, memberi nasihat, mencegah akhlak tercela, tidak memandang remeh ilmu lainnya, menyampaikan ilmu dengan tingkat pemahamannya dan penyampaiannya dengan jelas, terakhir mengamalkan ilmunya. (2) pemikiran Athiyah Al-Abrasyi tentang etika guru adalah sifat zuhud, kebersihan, ikhlas, pemaaf, figur orang tua, mengetahui tabi’at dan harus menguasai mata pelajaran.
ABSTRACT
The lack of teacher’s ethics could be seen from the many news in the field, about the abuse until the violence committed by unscrupulous teachers to students still continue to appear.In the scope of educational institutions, teachers should know to what extent the association is done in an educational institution.In addition to the guidance of the existing code of ethics teachers, teachers should look back on the early Muslim intellectual figures who wrestle in Islamic education.There are many figures that have a major contribution in Islamic education that more shows the human charity figure and Muhammad Athiyah Al-Abrasyi who has many ideas. As an educator, these two figures should be exemplary by teachers.
The Research problems were; (1) How were Ahmad Dahlan perspective about teacher’s ethics?, (2) How were Muhammad Athiyah Al-Abrasyi perspective about teacher’s ethics? The aims of this research were; (1) describe Ahmad Dahlan perspective about teacher’s ethics, and (2) describe Muhammad Athiyah Al-Abrasyi about teacher’s ethics.
This research was library research and the primary data was Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam / Mohd.Athiyah Al-Abrasyi; translation, H. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry. then the work Falsafah Ajaran Kh.Ahmad Dalan that was written by his student, namely K.R.H. Hadjid. The Data collection methods used was documentation method, while the technique used was descriptive analysis.
The result of the research: (1) Ahmad Dahlan'sperspective on teacher ethics are loving the students, teaching sincerely, giving advice, preventing disgraceful morals, regardless of other knowledge, conveying knowledge with the level of understanding and delivery clearly, last practice his knowledge.(2) Athiyah Al-Abrasyi's thoughts on teacher ethics are zuhud, hygiene, sincere, forgiving, parenting figure, focusing on tabi'at and mastering subjects.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 22 Jan 2019 03:28 |
Last Modified: | 22 Jan 2019 03:28 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1286 |
Actions (login required)
View Item |