Syamsiah, Syamsiah (2017) Latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama islam siswa Kelas VII DI SMP Banturung Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skrip Syamsiah - 0941110887.pdf Download (997kB) |
Abstract
Proses belajar mengajar terjadi manakala adanya interaksi antara guru dengan muridnya. Dalam interaksi tersebut guru memerankan fungsinya sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik. Sedangkan murid berperan sebagai peserta didik. Oleh karena itu dalam melaksanakan proses pembelajaran diperlukan adanya langkah yang sistematis dalam mengoptimalkan hasil belajar mengajar siswa berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan.
Rumusan masalah adalah Bagaimana latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya? (a) Bagaimana faktor secara internal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Kota Palangka Raya (b) faktor secara eksternal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya, (a) Untuk mendeskripsikan faktor secara internal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP Banturung Palangka Raya. (b) faktor secara eksternal dalam mempengaruhi belajar siswa kelas VII di SMP Banturung Kota Palangka Raya.
Jumlah subjek penelitian ini yaitu 7 orang siswa SMP Banturung, orangtua guru, Kepala Sekolah sebagai informan.. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu data Collection, Reduction, Display dan Conclusion.
Dari hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: 1). Latar belakang kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam belajar siswa kelas VII SMP banturung adalah sebagai berikut: a) sulit dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. b) kesulitan dalam membaca Al-Qur’an terutama pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam (PAI) c. Keikut sertaan siswa dalam membantu orangtua dalam bekerja sehingga waktu untuk belajar membaca Al-Qur’an tidak ada. 2). Faktor kesulitan belajar siswa secara internal adalah faktor- yang berasal dari dalam diri individu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis dan psikologis antara lain, a) Kecerdasan/intelegensi siswa, b) Motivasi
Sedangkan faktor secara eksternal kesulitan belajar anak mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII SMP Banturung. orang tua siswa, relasi antara keluarga, suasana rumah, keadaan keluarga, pengertian orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya latar belakang pendidikan dan sosial budaya orang tua. Bisa juga disebabkan antara lain: a) metode mengajar diterapkan guru tidak sesuai sehingga siswa sulit dalam memahami apa yang diajarkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung, b) Kurikulum sekolah.
ABSTRACT
The process of teaching and learning occurs when the interaction between teacher and pupil. In these interactions the teacher plays its function as a teacher as well as educators. While the pupil role as learners. Therefore, in implementing the learning process is needed systematic step in optimizing student learning outcomes based on defined objectives.
Formulations of the problems were how the background affect student learning in Banturung Junior High School Palangkaraya? (a) What factors are internally affect student learning at grade VII Banturung Junior High School in Palangkaraya (b) what factors are externally in influencing students of grade VII at Banturung Junior High School in Palangkaraya The purpose of this study were (1) to describe the background that affect learning students at Banturung Junior High School in Palangkaraya (a) to describe internal factors affect students learning at grade VII of Banturung Junior High Schhol in Palangkaraya. (b) External factors that influencing student learning at grade VII of Banturung Junior High School in Palangkaraya.
The numbers of subjects of this study were 10 Banturung junior high students, parent teachers, the Principal as an informant. The Research used qualitative methods. The collecting data techniques were through observation, interviews and documentation. The Data analyses were data collection, reduction, display and conclusion. The result of the research findings were: 1) affecting background of student learning at grade VII Banturung Junior High School were: a) the students were difficult to understand the lessons that was delivered by teachers. b) the students were difficult to recite Al-Qur’an specially in Islamic Education Lesson (PAI), c. students’ participation in helping parents in work so there was no time for students to learn to recite the Qur'an, 2). Factors affecting student learning is the factor that comes internally and within the individual and can affect the results of individual learning. The internal factors include physiological and psychological factors, among others; a) Students’ Intelligence, b) Motivation.
While external factors in student learning in class VII Banturung were parents of students, the relationship between the family, the house, family circumstances, the notion of parents towards their children's education background and socio-cultural education of parents. It could also be caused some factors; a) teaching method applied teachers did not correspond so that students were difficult in understanding what was being taught during the learning process takes place, b) The school curriculum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan belajar anak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 03:35 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 03:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1243 |
Actions (login required)
View Item |