Fitri, Siti Anisa (2017) Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan take and give materi kelangsungan hidup makhluk hidup kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Abstrak.pdf Download (852kB) |
|
Text
ISI.pdf Download (835kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Make a Match; (2) mengetahui hasil belajar Peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Take and Give; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar Peserta didik menggunakan model Make a Match dengan model Take and Give pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup kelas IX MTs Muslimat NU Palangkaraya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pretest posttest equivalent group design (design kelompok pretes postes). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat evaluasi berupa tes. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Make a Match rata-rata nilai hasil belajar adalah 76,66; (2) Hasil Belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Take and Give adalah 66,47; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Make a Match dan model pembeajaran Take and Give. Hal ini terlihat dari pengujian hipotesis menggunkan uji “t” pada nilai postes peserta didik bahwa thitung 3,79 lebih besar dari ttabel yaitu 1,99.
ABSTRACT
This study aims to (1) know the results of student learning using model type Make a Match; (2) know learning outcomes Students who learn using model type Take and Give; (3) to know the difference of learning result Students use Make a Match model with Take and Give model on survival material of class IX MTs Muslimat NU Palangkaraya.
This research is a quasi experimental research (quasi experiment) with pretest posttest equivalent group design (pretest post group design). The subjects of this study were students of class IX MTs Muslimat NU Palangka Raya. Data collection techniques in this study using evaluation tools in the form of tests. The test conducted in this research is a matter of pre-test and post-test.
The results showed that: (1) Students' learning outcomes using the Make a Match model average learning outcomes were 76.66; (2) Student learning result using Take and Give model is 66,47; (3) There is a difference in learning outcomes between the Make a Match and Take and Give models. This can be seen from the hypothetical test using the "t" test on the students posttest score that tcount 3.79 is bigger than ttable that is 1.99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; model pembelajaran make a match dan take and give |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 25 Oct 2018 02:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2018 02:48 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1228 |
Actions (login required)
View Item |