Rusmini, Rusmini (2017) Pendidikan karakter siswa melalui pendekatan habit di boarding school SMP Al Hasyimiyyah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Rusmini - 1301111741.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kebiasaan yang baik akan membentuk karakter yang baik. Pembiasaan tersebut adalah dengan cara melakukan kegiatan yang dilaksanakan secara terprogram dan rutin. Melalui pembiasaan yang baik diharapkan dapat terbentuk karakter yang sesuai dengan hukum agama dan norma-norma kehidupan yang berlaku dimasyarakat. Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang dikenal dengan Boarding School, SMP Al Hasyimiyyah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat Kota Pangkalan Bun mengedepankan pendidikan karakter bagi siswanya. Penerapan tersebut dilakukan melalui pendekatan pembiasaan yaitu dengan menanamkan nilai-nilai berkarakter melalui aktifitas atau kebiasaan, baik ketika berada di sekolah maupun di asrama. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter siswa melalui pendekatan habit di boarding school SMP Al Hasyimiyyah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat? 2) Nilai-nilai karakter apa saja yang diterapkan melalui Pendekatan Habit di Boarding School SMP Al Hasyimiyyah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data primer dalam penelitin ini adalah 1 Guru PAI, 1 Guru Hafalan Surah, 1 Kepala Pengasuh Asrama Putri, 12 Siswi Anggota OP3A Asrama (Organisasi Pelajar Pondok Pesantren Al Hasyimiyyah), sedangkan Kepala Sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendidikan karakter siswa melalui pendekatan habit di boarding school SMP Al Hasyimiyyah dilaksanakan melalui kegiatan yang terprogram dalam proses KBM yang dilaksanakan dengan cara pembiasaan siswa untuk tadarus Al Qur’an dan bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok. Pelaksanaan program pendidikan karakter siswa melalui pendekatan habit juga dilaksanakan dalam kegiatan rutin dan spontan disekolah maupun diasrama dilaksanakan dengan cara pembiasaan siswa 5S, membaca do’a sebelum pembelajaran, shalat dhuha, shalat berjamaah, shalat sunnah rawatib setelah maghrib, tadarus Al Qur’an setelah shalat maghrib dan pidato dan juga dilaksanakan melalui program pembentukan karakter santri. 2) Nilai-nilai karakter yang diterapkan adalah, religius, jujur, disiplin, tanggungjawab, mandiri, percaya diri, sopan santun, dan bersahabat/komunikatif.
ABSTRACT
Good habits will shape good character. Habituation is by doing activities that are implemented programmed and routine. Through good habituation is expected to form a character in accordance with religious law and norms of life prevailing in the community. As one of the educational institutions known as Boarding School, SMP Al Hasyimiyyah Arut Selatan district Kotawaringin Barat regency of Pangkalan Bun City prioritizes character education for its students. Implementation is done through the approach of habituation is by inculcating the values of character through activities or habits, both when in school and in the dorm. The issues raised are: 1) How is the implementation of character education of students through the habit approach in boarding school SMP Al Hasyimiyyah Arut Selatan District Kotawaringin Barat Regency? 2) What are the values of the characters applied through Habit Approach in Boarding School SMP Al Hasyimiyyah Arut Selatan Ditrict, Kotawaringin Barat Regency?
This research was used qualitative method. Primary data sources in this research were 1 teachers of PAI, 1 teacher of surah memorized, 1 Head of Nanny girls Dormitory, 12 Students which Member of OP3A Dormitory (Student Organization of Al Hashimiyyah Boarding School), while Headmaster was as informant. Data collection techniques in this study ware observation, interview, and documentation. Data analysis techniques used ware Data Reduction, Data Display and Conclusion Drawing.
The results showed that: 1) Implementation of character education of students through habit approach in boarding school SMP Al Hasyimiyyah implemented through programmed activities in KBM process which was done by habituation of student to tadarus Al Qur'an, and cooperate in did group assignment. Implementation of character education program of students through the habit approach was also carried out in routine and spontaneous school activities and dormitory carried out by way of habituation 5S students, prayed before learning, dhuha prayer, congregation prayer, sunnah rawatib prayer after maghrib, tahajud prayer, tadarus Al Qur'an after maghrib prayers and speeches and also implemented through a santri character formation program. 2) The values of the characters applied ware religious, honest, disciplined, responsible, independent, confident, polite, and friendly / communicative.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Pendekatan Habit |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 06:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 06:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1222 |
Actions (login required)
View Item |