Astuti, Risma Nur Aina (2017) Pengaruh model pembelajaran jigsaw menggunakan animasi terhadap hasil belajar peserta didik materi protista kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Risma Nur Aina Astuti - 1301140338.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi terhadap guru biologi kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara, mengatakan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi khususnya pada materi protista masih sangat rendah. Dari hasil belajar serta didik yang rendah membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model jigsaw dengan bantuan video animasi, sehingga akan berimbas pada hasil belajar yang baik. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, hasil belajar dan pengaruh model pembelajaran jigsaw menggunakan animasi terhadap hasil belajar peserta didik materi protista kelas X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara.
Desain penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Non-Equivalent Control Group Pretest-posttest. Sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu 26 orang sebagai kelompok kontrol (X MIA 2) dan 26 orang sebagai kelompok Eksperimen (X MIA 1). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda Pretest dan osttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar pre-test kontrol sebesar 27,53 dan nilai Post-test sebesar 48,92 sedangkan pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 27,38 dan nilai posttest 64,30. Peningkatan hasil belajar kelas kontrol 22,61 dan kelas eksperimen 36,92. Analisis menggunakan seluruh hasil posttest dan diuji dengan uji-t dengan Perolehan t hitung < t tabel (0,009 < 0,05) menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan model Jigsaw dengan animasi memiliki hasil belajar lebih bagus dari pada hasil belajar peserta didik menggunakan metode konvensional. Hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penelitian ini dilihat dari hasil pre-test dan Post-test, di mana hasil belajar yang didapatkan kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol karena di kelas eksperimen menggunakan model jigsaw dengan bantuan animasi sedangkan di kelas kontrol hanya menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran kelas Eksperimen mengalami peningkatan dibandingkan dengan kelas kontrol hal tersebut dikarenakan di dalam proses belajar serta didik guru memberikan bantuan video animasi pembelajaran protista.
Abstract
The background of The Research based on The Renault of observation toword biology teacher class X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara, Said Thar students’ achievement on biology course especially in Protista material still very lob. Krom The students achievement that still very made The researcher interested do doing research Alt pusing Jigsaw model with video animation assistance, so that’s whay effecting on good achievement. The implementation of this Research si to know the learning process, result of Study and the effect of Jigsaw learning model using animation toward students’ achievement on protista material class X SMAN 1 Mentaya Hilir Utara.
The disign of this Research bas quantitative using Quasi-Eksperiment metode with from Non-Equivalent Control Group Pretest-postest, the sample using Porposive Sampling technique with 26 student as control group (X MIA 2) and 26 students as exsperiment group (X MIA 1). The technique of collecting the data Ni this Research using multiple choice test pretest and posttest. The technique analysis data using T-test that used was to know the effect of Jigsaw model toward students’ achievement.
The result of this Study showed that average students’ achievement score of prettest bas 27,53 and the score of posttest bas 48,92 while on experiment class the average of pretest bas 27,38 and posttest score bas 64,30. The increasing achievement on class Control bas 22,61 and experiment class 36,29. Analysis using alk the score posttest tested with T-test with result t observed < t table (0,009 < 0,05) showed that Ho rejected and Ha accepted, from that result cam be concluded that students’ achievement using Jigsaw model with animation has better than students’ achievement on control class and experiment class in this research seen from the result of pretest and posttest, where student’s achievment score that got from experiment class higher than control class because on experiment class using Jigsaw model with animation while on control class only using conventional method. The learning proses on experiment class had increasing than with control class, because in learning process, the students’ and teacher gave helm video animation about protista
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran jigsaw; hasil belajar |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 03:22 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 03:22 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1218 |
Actions (login required)
View Item |