Azhari, Fikri (2017) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Pikri Azhari - 1302120233.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan terhadap konsumen, untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan. pelayanan yang baik akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan hasil yang akan didapatkan oleh sebuah perusahaan. Kualitas pelayanan yang baik merupakan suatu yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan konsumen terutama dalam hal bukti langsung, keandalan, ketanggapan, jaminan, empati. terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan alasan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di alfamart kota palangka raya. sampel yang diambil untuk mendukung penelitian ini berjumlah 96 responden dengan teknik penarikan sampel yaitu random sampling. Sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan teknik Kolmogorov smirnov dan Q-Q plot. Teknik analisis data yang digunakan adalah kolerasi product moment dan regresi sederhana dengan menggunakan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Alfamart Kota Palangka Raya memiliki hubungan yang kuat, berdaarkan hasil koefisien kolerasi product moment yaitu sebesar 0,810. Diperoleh pula nilai sig. sebesar 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian uji regresi sederhana menunjukan nilai koefisien determin 0,656 yang artinya pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 65,6%. Diperoleh pula nilai t hitung sebesar 13,386 yang mana lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
ABSTRACT
Service quality gives encouragement to consumer to tie a good association with a company. Good service will give an impact to decision of consumer to buy and also to the company itself. A good service quality is very important to create a consumer’s satisfaction, especially in direct proof, capability, attentiveness, and warrant of a consumer’s satisfaction. According to that reasons, so the statement of the problem of this research is the influence of service quality to consumer’s buying decision in Alfamart in Palangka Raya city.
This research is using a quantitative approach with survey. A population of this research is consumer of Alfamart in Palangka Raya city. The sample that is taken for this research amounts to 96 respondents which is taken with random sampling. Furthermore, for prequalification test is using normality test with Kolmogorov smirnov and Q-Q plot. Data analysis method is using correlation of product moment and simple regression using SPSS 16.
From this study, it is found that the quality of the service and consumer’s buying decision in Alfamart in Palangka Raya city have strong relation according to the result of coefficient of product moment which amounts to 0,810. It is also found the amount of sig that is 0,000 which means there are significant relation. Furthermore, test of simple regression shows the amount of determination of coefficient 0,656 which means the influence of service quality to the consumer’s buying decision is 65,6 %. It is found also the amount of t count which is 13,386 which is bigger than t table, so it can be concluded that service quality has significant influence to consumer’s buying decision.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 02:23 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 02:23 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1197 |
Actions (login required)
View Item |