Sari, Okta Vianita (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak pada manusia kelas VIII SMP 7 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Okta Viana sari - 1301140037.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari diketahui bahwa motivasi siswa selama kegiatan pembelajaran masih kurang sehingga motivasi peserta didik rendah dan berdampak terhadap hasil belajar kognitif peserta didik rendah. Selain itu, peserta didik masih pasif karena medel yang diterapkan masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada sistem gerak pada manusia terhadap motivasi hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 7 Palangka Raya. 2).Mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 7 Palangka Raya selama pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitiannya menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 54 peserta didik untuk 2 kelas. Instrument yang digunakan yaitu berupa soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif dan angket peserta didik untuk mengukur motivasi peserta didik. Analisis data menggunakan Uji “t”.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada sistem gerak pada manusia terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 7 Palangka Raya dengan taraf signifikasi 5% dimana thitung>ttabel yaitu 5.629 >2,000 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dan motivasi peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT diperoleh rata-rata 3,646 sehingga berkriteria sangat baik. 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki rata-rata nilai yaitu 35,429 kemudian setelah diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki rata-rata nilai 78,571 berdasarkan perhitungan N-Gain menunjukan kisaran 0,654 sehingga dapat dikatakan peningkatan pemahaman pada peserta didik berkategori sedang.
ABSTRACT
This research is background from known that student motivation during learning activity still less. low motivation of learners that resulted in low cognitive learning outcomes of learners. In addition, learners are still passive because the applied medel is still conventional. This study aims to 1). To know the influence of cooperative learning model of TGT type on human motion system toward motivation of learning result of class VIII students of SMPN 7 Palangka Raya. 2). Knowing the improvement of motivation and learning outcomes of students of class VIII SMPN 7 Palangka Raya during learning with cooperative learning model type TGT.
This research uses quasi-experimental method and research design using Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Samples used are as many as 54 students for 2 classes. The instrument used is in the form of objective questions to measure cognitive ability and questionnaire learners to measure the motivation of learners. Data analysis using Test "t".
The results showed that: 1) Based on the hypothesis test analysis showed that there is influence of cooperative learning model type TGT in the movement system in humans to the learning outcomes of students class VIII SMPN 7 Palangkaraya with 5% significance level where thitung> ttable is 5.629> 2.000 so Ho is rejected and Ha accepted. And motivation of learners during the learning process using cooperative learning model type TGT obtained an average of 3,646 so that criteria very good. 2) Improvement of learning outcomes of learners before being given treatment model of cooperative learning type TGT has an average value of 35.429 then after the treatment model given cooperative learning type TGT has an average value of 78.571 based on N-Gain calculation shows the range of 0.654 so it can be said to increase understanding in the learners categorized moderate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; teams games tournament |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 02:10 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 02:10 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1193 |
Actions (login required)
View Item |