Peluang bisnis angkringan di Kota Palangka Raya

Oktavana, Nita (2017) Peluang bisnis angkringan di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nita Oktavana - 1302120244.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat kota Palangka Raya di era modern saat ini telah menjadikan angkringan sebagai tempat interaksi sosial dan tempat konsumsi bagi semua lapisan sosial masyarakat. Maka dari itu penulis melihat adanya peluang bisnis angkringan. Angkringan merupakan tempat jual beli makanan dan minuman yang “khas”. Adapun rumusan masalah (1) Bagaimana strategi penjualan angkringan untuk mencapai target penjualan? (2) Bagaimana peluang bisnis angkringan di kota Palangka Raya? (3) Bagaimana kelayakan bisnis angkringan di kota Palangka Raya?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan subjek berdasarkan beberapa pertimbangan yang ditentukan. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data,penyajian data), conclusions (penarikan kesimpulan dengan melihat penyajian data), dan Verifikasi (penarikan kesimpulan untuk menjawab dari rumusan masalah).
Hasil dari penelitian ini adalah: (1)strategi pemasaran bisnis angkringan di kota Palangka Raya untuk meningkatkan pangsa pasar setelah melalui tahapan strategi yaitu memilih lokasi yang strategis, tidak ada batasan bagi semua kalangan menjadi konsumennya, menu makanan yang disediakan aman dikonsumsi, memberikan pelayanan sebaik mungkin, tempat yang bersih, harga yang terjangkau, dan promosi melalui banner, sosial media dan dari mulut kemulut (2) peluang bisnis angkringan di kota Palangka Raya memiliki prospek yang baik kedepannya dan mempunyai kompetensi untuk mengerjakannya, di dukung oleh hasil analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman).(3) studi kelayakan bisnis angkringan di kota Palangka Raya kecamatan Jekan Rayakeseluruhan aspek dikatakan layak. Aspek pasar dan pemasaran bisnis angkringan layak untuk dijalankan karena memiliki potensi pasar dan peluang untuk memasarkan produknya hal ini dilihat dari jumlah konsumen potensial yang dimiliki bisnis tersebut. Aspek ekonomi sosial dan budaya dapat dikatakan layak karena telah membuka lapangan pekerjaan, kemudian dari aspek hukum bisnis angkringan dikatakan layak karena adanya pengecualian dari Peraturan Menteri Perdagangan yang menyatakan bahwa tidak semua bisnis harus memiliki ijin termasuk bisnis angkringan.

ABSTRACT

The people of Palangka Raya city in today's modern era made angkringan as a place of social interaction and place of consumption for all social layers of society. Therefore the authors seen the existence of business opportunities angkringan. Angkringan was a place to buy food and drink "typical". As for the formulation of the problem (1) How the sales strategy angkringan to achieve sales targets? (2) How was the business opportunity of angkringan in Palangka Raya city? (3) How was the feasibility of angkringan business in Palangka Raya city?
This research method used descriptive qualitative approach. Data collection was done by used interview technique, observation, and documentation. The technique of determining the subject in this study used purposive sampling technique was the technique of determining the subject based on several considerations determined. Data validation was done by used triangulation. Further data the processed and analyzed with several stages: data collection, data presentation), conclusions (withdrawal by viewing data presentation), and Verification (drawing conclusions to answer from problem formulation).
The results of this research were: (1) marketing strategy of angkringan business in Palangkaraya city to increased market share after passing strategic stages that was choosing strategic location, there wass no limited for all circle become its consumer, food menu provided safe for consumption, possible, clean place, affordable price and promotion through banner, social media and mouth of mouth (2) angkringan business opportunities in the city of Palangkaraya had good prospects in the future and have the competence to do it, supported by the results of SWOT analyzed (strength, weaknesses, opportunities and threats). (3) Feasibility study of angkringan business in Palangka Raya city, Jekan Raya Sub-district, the whole aspected was considered feasible. The market and marketing aspected of angkringan business was feasible to run because it has the market potential and the opportunity to market its products this was seen from the number of potential customers owned by the business. The social and cultural economic aspected can be said to be feasible because it had opened the job field, then from the aspected of business law angkringan was considered feasible because of the exemption from the Regulation of the Minister of Trade which states that not all businesses should be permits included the angkringan business.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peluang; bisnis; angkringan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:55
Last Modified: 08 Oct 2018 02:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item