Pelaksanaan shalat dalam pembiasaan nilai moral pada anak dalam keluarga buruh di Wilayah Puntun Rt 07 Rw 26 Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya

Nabella, Nabella (2017) Pelaksanaan shalat dalam pembiasaan nilai moral pada anak dalam keluarga buruh di Wilayah Puntun Rt 07 Rw 26 Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nabella - 130111178.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan shalat adalah salah satu cara yang dapat membentuk kepribadian seorang anak yang shalih dan shalihah. Pada Pelaksanaan shalat terdapat nilai-nilai moral yang sangat penting untuk ditanamkan orangtua kepada anak, sehingga anak dapat terhindar dari perbuatan-perbuatan yang menyimpang. Dalam hal ini, maka peran orangtua sangat dibutuhkan dalam proses pembentukannya.
Berdasarkan uraian tersebut, Penelitian ini membahas tentang bagaimana cara orangtua membimbing anak untuk melaksanakan shalat ?, nilai-nilai moral apa saja yang ditanamkan oleh orangtua dalam pelaksanaan shalat pada anak?, dan apa saja faktor penghambat bagi orangtua untuk membimbing anak melaksanakan shalat ?.
Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, objek penelitian adalah Pelaksanaan shalat dalam pembiasaan moral pada anak dalam keluarga buruh. Sedangkan subjek penelitian adalah 11 Orangtua yaitu ayah atau ibu kandung. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk pengabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan 4 tahapan yaitu Data collection, Data Display, Data Reduction, dan Conclusion Drawing/verifying.
Hasil penelitian cara orangtua dalam keluarga buruh membimbing anak untuk melaksanakan shalat adalah Terdapat 9 KK yang membimbing anak melaksanakan shalat dengan cara membimbing dan mencontohkan secara langsung kepada anak tentang tata cara melaksanakan shalat, yakni keluarga RK dan KH, MI dan SL, DI dan AN, MU dan KA, AL dan JU, CN, HE dan RU, PO dan AR, BR dan AI, dan juga AB dan SA, 1 KK membimbing anak dengan cara menasehati dan memberikan poster bergambar yakni keluarga JA, dan 1 KK membimbing anak dengan cara menyerahkan anak kepada lembaga pendidikannya yakni keluarga HE. Hasil penelitian nilai-nilai moral yang ditanamkan orangtua dalam pelaksanaan shalat pada anak adalah Terdapat 8 KK yang menanamkan nilai religiusitas kepada anak yakni keluarga KH dan RK, MI dan SI, DI dan AN, MU dan KA, AL dan JU, CN, BR dan AI, AB dan SA, Terdapat 2 KK yang menanamkan nilai sosialitas kepada anak, yakni keluarga DI dan AN, MU dan KA, dan Terdapat 2 KK yang menanamkan nilai kemandirian kepada anak yakni keluarga CN, HE dan RU.
Sedangkan hasil penelitian mengenai penghambat bagi orangtua untuk membimbing anak adalah teman sebaya yang selalu mengajak anak untuk bermain, lingkungan yang menjual permainan-permainan yang negatif, Pola fikir Anak yang belum memahami pentingnya nasehat dari orangtua mengenai nilai-nilai moral, ekonomi atau pembiayaan orangtua yang termasuk dalam keluarga menengah kebawah, diri orangtua itu sendiri, dan media elektronik seperti televisi dan Play Station yang membuat anak lalai dalam melaksanakan shalat.

ABSTRACT

The Implementation of salat is one way that can form the child personality who is sholih or sholehah. In implementing salat, there are moral values those are very important for parent to guide the children, so the children can avoid the deviating actions. In this case, the role of parents was needed in the formation process.
Based on the description, this study discussed about how parents guide children to do salat, What moral values are grown by parents in implementing salat for children? And what are the inhibiting factors for parents to guide children to do salat?
This research used descriptive qualitative approach. The object of the research was implementing of salat to improve children moral habit in labor family. While the subjects of the research ware 11 parents (biological fathers and mothers). The data collecting techniques were used by observation, interview, and documentation. The data validation was done by triangulation. The data were analyzed by using 4 stages: data collection, data display, data reduction, and conclusion drawing or verifying.
The result of the parenting method in the worker family guiding the child to perform the prayer, There were 9 KK who guide the child in performing the prayer by guiding and giving an example directly to the child about the procedure of performing the prayer, they were RK and KH, MI and SL, DI and AN, MU and KA, AL and JU, CN, HE and RU, PO and AR, BR and AI, as well as AB and SA, 1 KK guide children by advising and providing posters of the JA family and 1 KK guiding the child by handing over children to educational institutions that was HE family. The results of moral values that parents instilled in the implementation of prayer in children, There were 8 families that instill the value of religiosity to children they were KH and RK, MI and SI, DI and AN, MU and KA, AL and JU, CN, BR and AI, AB and SA, There were 2 KK that implant the sociality value to the children, namely DI and AN, MU and KA families, and There were 2 KK that instill independence value to the children, namely CN, HE and RU family.
While the results of research on the inhibiting factors for parents to guide the children were; there were peer friend who always invites children to play, the environment that set aside of negative games, children thinking pattern that they do not understand the importance of parent advice about moral values, economic or parental financing including in the middle to lower family, the parent themselves, and electronic media such as television and play station which make children negligent in performing the salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan shalat; Nilai moral
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Oct 2018 06:59
Last Modified: 05 Oct 2018 06:59
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1172

Actions (login required)

View Item View Item