Purwanto, Muhamad Aris (2017) Pengelolaan kelas pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 8 Menteng Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI M. ARIS PURWANTO- 1201111685.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari adanya masalah dalam pengelolaan kelas di SDN 8 Menteng Palangka Raya seperti ribut di kelas, ada anak yang mengganggu teman, ada yang berlari-lari dikelas saat pembelajaran, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 8 Menteng Palangka Raya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama di SDN 8 Menteng Palangka Raya, 2. Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama dan kelas III B di ruang kelas di SDN 8 Menteng Palangka Raya, 3. Bagaimana usaha pencegahan oleh guru dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama dan kelas III B di ruang kelas di SDN 8 Menteng Palangka Raya, 4. Bagaimana usaha penyembuhan oleh guru dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama dan kelas III B di ruang kelas di SDN 8 Menteng Palangka Raya.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan Perencanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama di SDN 8 Menteng Palangka Raya, 2. Mendeskripsikan pelaksanaan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama dan kelas III B di ruang kelas di SDN 8 Menteng Palangka Raya, 3. Mendeskripsikan usaha pencegahan oleh guru dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama dan kelas III B di ruang kelas di SDN 8 Menteng Palangka Raya, 4. Bagaimana usaha penyembuhan oleh guru dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VI A di ruang agama dan kelas III B di ruang kelas di SDN 8 Menteng Palangka
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, subjek penelitiaan dua orang guru Pendidikan Agama Islam, informan enam orang siswa dan dua orang guru. Teknik pengumpulan data 1. Wawancara, 2. Observasi, 3. Dokumentasi, teknik pengabsahan tirangulasi, dan teknik analisis data menggunakan 1. Data reduction, 2. Data display, dan 3. Conclusing drawing/Verification.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1. Perencanaan pengelolaan kelas ada beberapa yaitu mempersiapkan peraturan di dalam kelas, membuat prosedur untuk barang-barang dalam kelas, dan mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan menyiapkan absen, buku penilaian siswa, buku modul, 2. Pelaksanaan pengelolaan kelas bersifat fisik di ruang agama dan ruang kelas dimana tempat berlangsungnya pemebelajaran sudah luas dan besar, pengaturan tempat duduk berbaris berjajar, ventilasi dan pencahayaan yang sudah cukup menjamin kesehatan dan kenyamanan, serta penyimpanan barang di dalam kelas yang sudah teratur, pengelolan bersifat non fisik tipe kepemimpinan guru KA dan guru AS lebih kepada demokratis, sikap mereka juga dalam menghadapi siswa yang melanggar yaitu sabar, memberikan teguran dan memberikan nasehat agar tidak melanggar lagi. Suara guru KA dan guru AS juga sudah jelas terdengar, 3. Usaha pencegahan dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas yaitu menunjukkan sikap tanggap, memperhatiakan semua siswa, dan menegur apabila ada yang melanggar, 4. Usaha penyembuhan dalam mengatasi masalah pengelolaan kelas yaitu menegur, memeberi nasehat, dan memberikan hukuman.
ABSTRACT
The background of this research there is a problem in management of classroom at SDN 8 Menteng Palangka Raya like a noisy in the classroom, student bother other students, students run in the classroom when learning , because that the researcher want to know how the management classroom on Islamic Education at SDN 8 Menteng Palangka Raya.
There are 4 problems of the study in this research : 1. How the planning of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya, 2. How the implementation of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya, 3. How the effort to prevent the problem of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya, 4. How the effort to cure the problem of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya.
The purpose of this research for 1. To describe the plan of classroom management on Islamic Education at SDN 8 Menteng Palangka Raya, 2. To describe the implementation of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya, 3. To describe the effort to prevent the problem of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya, 4. To describe the effort to cure the problem of classroom management on Islamic Education course at SDN 8 Menteng Palangka Raya.
This research used qualitative descriptive approach, the subject of this research was two Islamic Education teachers, the informan were 6 students and two teachers. The data collection technique using 1. Interview, 2. Obsetvation, 3. Documentation, The data validation is triangulation and the data anaylze using 1. Data Reduction, 2. Data display and 3. Conclusion drawing / verification.
The result of this research shown that 1. There were some plan of classroom management, there are prepared the good regulation in the classroom, made a procedure for things in the classroom and prepared the learning activity with preparing the absent, module and regulation for clean the classroom before started the lesson, 2. The implementation of classroom management physically at religion room and wide and big classroom which as the learning process happen, the arrange of seat was line and row, ventilation and lightning that guaranteed for health and comfortable, and storing the things in class was good, non-physically management type of leadership KA teacher and AS teacher more democratic, their attitude when face students who broke the regulation was good, patiently give the students warning and advice to not broke anymore. The voice from KA teacher and AS teacher heared clear enough in explain the material. 3. The efforts to prevent in settle the problem of classroom management were show the perceptive attitude, keep on eye all the students, and warn if there was someone who broke the regulation, 4. The efforts to cure in settle the problem of classroom management were warn, gave advice, and gave punishment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 28 Sep 2018 02:43 |
Last Modified: | 28 Sep 2018 02:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
View Item |