Hubungan penggunaan media Talking Pen terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VIIA MTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat

Vickyriansyah, M. Aldy (2017) Hubungan penggunaan media Talking Pen terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas VIIA MTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI M. Aldy Vickyriansyah Nim 1301111744.pdf

Download (2MB)

Abstract

Talking Pen merupakan program yang dapat memainkan suara sesuai ayat atau surat yang sudah ditentukan sehingga seseorang dapat lebih memahami Al-Qur’an,Talking Pen juga merupakan salah satu media pembelajaran yang sering dipakai dalam dunia pendidikan kita. Adanya Talking Pen sangat membantu guru dalam mengajarkan bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar kepada siswanya. Karena faktanya masih banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: 1) Bagaimana Pemahaman Siswa dalam penggunaan media Talking Pen Di Kelas VIIA MTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat ? 2) Bagaimana kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakan media Talking Pen Di Kelas VIIA MTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat ?;dan 3) Apakah ada hubungan penggunaan media Talking Pen terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Di Kelas VIIA MTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat ?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional yang dilakukan di MTs. Babussalam Kumai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang menjadi populasi siswa kelas VIIA MTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat yang berjumlah 36 orang dengan sampel 17 orang. Tekhnik yang digunakan adalah tekhnik analisis statistik korelasi Product Moment. Data pemahaman siswa dalam penggunaan media Talking Pen diperoleh dengan penyebaran angket sedangkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an setelah menggunakan media Talking Pen diperoleh dengan menggunakan tes.
Hasil penelitian menunjukkan 1)Pemahaman siswa dalam penggunaan media Talking Pen di kelas VII A MTs Babussalam Kumai termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata yaitu 2,753 yang berada pada interval>2,50-3,25. 2) Kemampuan siswa setelah menggunakan media Talking Pendari total 17 siswa yang diteliti, 1 Siswa (5,88%) memiliki kemampuan membaca Al-qur’an setelah menggunakan media Talking Pen dengan kategori sangat baik, 9 Siswa (52,94%) memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kategori baik , sedangkan 1 siswa (5,88%) dengan kategori kurang dan pada kategori sangat kurang tidak ada atau (0%). 3) Ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media Talking Penterhadap kemampuan membaca Al-Qur’an Di kelas VIIAMTs Babussalam Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Hal ini terlihat dari perolehan thitungsebesar 4,110 lebih besar dari harga kritis untuk “t” pada taraf signifikan 5% yaitu 2,131 oleh karena itu Ha diterima H0di tolak.

ABSTRACT

Talking Pen is a program which can play the voice according to paragraph or letter that has been determined so that someone can understand Al- Qur'anbetter, TalkingPen is also one of the learning media that is often used in term of education. The presence of Talking Pen is very helpful for teacher in teaching how to recite the holy Qur’anproperly and correctly to the students. In fact, there are many students who cannot recite the holy Qur'an properly and correctly. There are some research problems which are raised: 1) how understand are the students in using Talking Pen mediaat Grade VIIA MTs Babussalam Kumai Kotawaringin BaratRegency? 2) How is the student's ability in reciting the holy Qur'an after using Talking Pen media atGrade VIIA MTs Babussalam Kumai Kotawaringin Barat Regency?; and 3) Is there any correlation between using talking pen media and reciting holy Qur’an ability at Grade VIIA MTs. Babussalam Kumai Kotawaringin Barat Regency?
This research belongs to quantitative research and usescorrelation design which was conducted at MTs. Babussalam Kumai. This study used descriptive quantitative approach that took 36 students at Grade VIIA MTsBabussalam Kumai Kotawaringin BaratRegencyas the population and 17 students of them as the sample. The technique which is used is statistical correlationanalysis Product Moment. Student's understanding data in using Talking Pen media was obtained by giving questionnaire and student’s ability in reciting holy Qur'an after using Pen Talking media was obtained by using test.
The results of this research showed: 1) Student understanding in using Talking Pen at Grade VIIA MTs. Babussalam Kumai Kotawaringin Barat Regencyincluded in good category with the average score of 2,753 which is in interval >2,50-3,25. 2) Students' ability after using Talking Pen media from numbers of 17 students which were studied, 1 student (5,88%) has very good category in reciting holy Qur’an after using Talking Penmedia9 Students (52,94) have good category in reciting holy Qur’an, whereas only 1 student (5.88%) who has less category and there are no student (0%) in very less category. 3) There is a significant correlation between using Talking Pen media on the reciting holy Qur’an ability at Grade VIIA MTs Babussalam Kumai Kotawaringin Barat Regency.It can be seen that the calculated value (tvalue ) was 4.110 was higher than (ttabel) at 5% significance level was 2,131. Therefore, alternative hypothesis (Ha) was acceptedand null hypothesis (Ho) was ignored.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media Talking Pen Terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:36
Last Modified: 28 Sep 2018 02:36
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1147

Actions (login required)

View Item View Item