Pelaksanaan pendidikan kepramukaan gugus depan 193-194 Imam Bonjol dalam penanaman nilai karakter mahasiswa prodi PAI Jurusan Tarbiyah IAIN Palangka Raya

Gunawan, Budi (2017) Pelaksanaan pendidikan kepramukaan gugus depan 193-194 Imam Bonjol dalam penanaman nilai karakter mahasiswa prodi PAI Jurusan Tarbiyah IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI BUDI GUNAWAN - 1001111458.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gerakan Pramuka merupakan suatu gerakan pendidikan nonformal, yang bersifat sukarela, nonpolitik, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, yang menyelenggarakan kepramukaan melalui suatu sistem nilai yang didasarkan pada Satya dan Darma Pramuka. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, meliputi; (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan kepramukaan di Gugus Depan 193-194 Imam Bonjol IAIN Palangka Raya (2) Bagaimana karakter mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. (3) Bagaimana pengaruh pelaksanaan pendidikan kepramukaan terhadap karakter mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan di Gugus Depan 193-194 Imam Bonjol IAIN Palangka Raya. (2) Untuk mengetahui karakter mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah. (3) Untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan terhadap karakter mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang banyak menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran, dan hasilnya, demikian pula pemahaman akan kesimpulkan penelitian akan lebih baik apabila disertai dengan tabael, grafik, bagan, gambar, atau tampilan lain. Populasi dalam penelitia ini adalah mahasiswa prodi PAI anggota ambalan yang berjumlah 7 orang. Analisis data melalui beberapa tahapan yaitu editing, coding, tabulating, dan analyzing.
Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) hasil pelaksanaan pendidika kepramukaan dengan skor sebesar 13,95. Kemudian rata-rata skor yang berada di antara 2,71-2,31 berjumlah 1 mahasiswa (14,29%), yang berada pada rata-rata skor di antara 2,30-1,90 berjumlah 5 mahasiswa (71,43%), dan yang berada pada rata-rata di antara 1,89-1,49 berjumlah 1 mahasiswa (14,29%). Dengan demikian maka pelaksanaan pendidikan kepramukaan di gugus depan 193-194 imam bonjol IAIN Palangka Raya dengan 71% mahasiswa yang kadang-kadang mengikuti pendidikan kepramukaan di katagorikan terlaksana.(2) hasil pengukuran karakter Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya adalah 17,23:7=2,46 yang berada diantara 2,36–2,56. Jadi Karakter Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya berada pada kualitifasi cukup berkarakter. (3) pengaruh pelaksanaan pendidikan kepramukaan terhadap karakter mahasiswa memiliki pengaruh yang tinggi, terlihat dari Interpretasi terhadap rxy ternyata angka kolerasi antara variabel x dan y tidak bertanda negatif, berarti di antara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif (korelasi yang berjalan searah). Dengan memperhatikan besarnya rxy (yaitu = 0,84), yang berkisar antara 0,80 – 1,00 berarti korelasi positif antara variabel X dan variabel Y dan itu termasuk korelasi positif yang sangat kuat atau tinggi.

ABSTRACT

The Scout Education is a nonformal educational movement, voluntary, nonpolitical, open to all, regardless of origin, race, ethnicity and religion, which organizes scouting through a value system based on Satya and Darma Pramuka. The issues raised in this study include: (1) How is the implementation of scout education in the Front Cluster 193-194 Imam Bonjol IAIN Palangkaraya (2) How the character students of Islamic Education Studies Program Tarbiyah School. (3) How is the effect of scout education on character students of Islamic Education Study of Tarbiyah Department. The purpose of this research is (1) To know the Implementation of Scout Education in Front Cluster 193-194 Imam Bonjol IAIN Palangka Raya. (2) To know character student of Education Islamic Study Program of Tarbiyah Department. (3) To know the effect of Scout Education Implementation on character students of Islamic Education of Tarbiyah Department.
This study uses a quantitative approach that uses many numbers, ranging from data collection, interpretation, and results, as well as understanding the conclusion of the research would be better if accompanied by table,graphics, charts, drawings, or other views. Population in this research is student of Education Islamic Study Program of Tarbiyah Department member of shelter member which is 7 people. Data analysis through several stages of editing, coding, tabulating, and analyzing.
The results stated that; (1) the results of the implementation of scout education with a score of 13.95. Then the average score between 2, 71-2,31 amounted to 1 student (14,29%), which was on average score between 2,30-1,90 amounted to 5 student (71,43%), and that is on average between 1.89-1.49 amounted to 1 student (14.29%). Therefore, the implementation of scout education in the front cluster 193-194 the prominent imam of IAIN Palangkaraya with 71% of students who occasionally follow the scout education in categorize done (2) the result of the measurement of the character of student of Education Islamic Study Program of Tarbiyah Department IAIN Palangkaraya is 17.23 : 7 = 2.46 which is between 2.36-2.56. So Character Student of Islamic Education Study Program IAIN Palangkaraya is in qualitative enough character. (3) the influence of the implementation of scout education on character students has a high influence, seen from the Interpretation of rxy turns out that the correlation between the variables x and y is not negative, meaning that between the two variables there is a positive correlation (correlation that goes in the same direction). Considering the magnitude of rxy (ie = 0.84), ranging from 0.80 to 1.00 means a positive correlation between the variables X and Y and that includes a very strong or high positive correlation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepramukaan Gugus Depan; Penanaman nilai karkater
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Sep 2018 01:23
Last Modified: 12 Sep 2018 01:23
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item