Penerapan Media Animasi Berbasis Komputer Menggunakan 3D Studio Max Dan Macromedia Flash Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Kelas XI Semester II Di SMAN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014

Jaka, Lesmana (2014) Penerapan Media Animasi Berbasis Komputer Menggunakan 3D Studio Max Dan Macromedia Flash Pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas Kelas XI Semester II Di SMAN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (JL).pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I pendahuluan (JL).pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian (JL).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Metode (JL).pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Hasil (JL).pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Pembahsan (JL).pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI Penutup (JL).pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas siswa dalam penerapan media animasi pada materi pokok teori kinetik gas, (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran teori kinetik gas setelah diterapkan media animasi, dan (3) Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media animasi pada materi pokok teori kinetik gas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi seluruh kelas XI semester II SMAN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu kelas XI-6 semester II SMAN-2 Palangka Raya berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa. Uji coba instrumen tes hasil belajar dilakukan pada kelas XI IPA-4. Instrumen uji coba berjumlah 50 soal pilihan ganda dengan 5 opsi dan 27 soal yang digunakan untuk tes hasil belajar. Tingkat reliabilitas soal yang diperoleh dari hasil uji coba instrumen sebesar 0,83.
Hasil penelitian diperoleh: (1) Aktifitas siswa dengan menerapkan media animasi pada pokok bahasan teori kinetik gas memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,5% dari keseluruhan aktivitas siswa dengan kategori aktif, (2) Ketuntasan hasil belajar kognitif secara individu diperoleh 25 siswa yang tuntas, 7 siswa tidak tuntas dari 32 siswa yang mengikuti tes hasil belajar. Secara klasikal hasil belajar siswa dengan penerapan media animasi dikatakan tuntas, karena diperoleh 78,1% siswa yang tuntas. Ketuntasan TPK diperoleh 20 TPK tuntas dan 4 TPK tidak tuntas dari 24 TPK yang digunakan, dan (3) Respon siswa secara keseluruhan menunjukkan 48,39% siswa setuju bahwa media animasi merupakan media pembelajaran yang baru dan bermanfaat, 41,93% siswa menyatakan sangat senang jika materi fisika lain diajarkan dengan media yang sama dan 32,26% siswa menyatakan media yang digunakan sangat menarik.

English
The study is intended to know (1) The students activities with applying of media animations at gas kinetic theory, (2) learning outcomes of the students in using media animations in gas kinetic theory, and (3) the students response toward the use of the media animations in gas kinetic theory.
The study is a descriptive approach. The populations of the study are all the students of class XI IA of semester II SMAN-2 Palangka Raya in 2013/2014 and the samples of the study are 32 students of class XI IA-6. The using of instrument is students researching work sheet, test of the students’ cognitive, and the questionnaire of students responses. The tryout of learning outcomes (THB) have done at class XI IA-4. The try out instrument is 50 multiple choice questions with 5 options and 27 quetions to used test learning outcomes. The reliability level of the result of instrument try out is 0,83.
The results of the study are obtained: (1) The students activities with applying of media animations at gas kinetic theory learning to obtain an average value of 78.5% of the total student activity with the active category, (2) the completeness of individual learning outcomes there are 25 students, the sudent does not complete 7 of the 32 students who take the achievement test. Classicaly to be said complete, because it was obtained 78.1% students. There are 20 TPK (83.33%) completed and 4 TPK (16.67%) did not complete from 24 TPK. (3)The students responses toward the use of the result of the media animations at gas kinetic theory is the instructional media new and useful 48.39%. 41.93% said very happy if other material is taught with the same media and 32,26% of students stated media used is very interesting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 27 Aug 2016 04:05
Last Modified: 27 Aug 2016 04:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item