Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Tekanan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas VIII Semester 2 Di SMP Negeri 6 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014

Lilis, Suyati (2014) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Tekanan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Kelas VIII Semester 2 Di SMP Negeri 6 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (LL).pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I (LL).pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (LL).pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III (LL).pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (LL).pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (LL).pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1)ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika materi tekanan, (2)ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika materi tekanan, dan (3)pengelolaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung pada pembelajaran fisika materi tekanan.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, tes hasil belajar, dan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran. Hasil uji coba tes kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil uji coba tes hasil belajar siswa pada kelas IX-9 SMP Negeri 6 Palangka Raya mendapat tingkat reliabilitas soal untuk tes kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,656 dengan kategori tinggi, sedangkan tingkat reliabilitas soal untuk tes hasil belajar siswa sebesar 0,865 dengan kategori sangat tinggi. Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 2 SMP Negeri 6 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014, sampel penelitian adalah kelas VIII-2 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data tes kemampuan berpikir kritis dan analisis data tes hasil belajar pretest dan posttest menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata-rata N-gain0,61 (kategori sedang), sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata N-gain 0,29 (kategori rendah). Analisis hipotesis menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki nilai rata-rata N-gain 0,63 (kategori sedang), sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata N-gain 0,29 (kategori rendah). Analisis hipotesis menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan (3) Pengelolaan pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model pembelajaran berbasis masalah didapat rata-rata persentase penilaian sebesar 89,8% dengan kategori sangat baik, sedangkan penilaian pengelolaan pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model pembelajaran langsung didapat rata-rata persentase penilaian sebesar 84,4% dengan kategori sangat baik.

English
The study is intended to know: (1) whether or not there is a significant difference in the improvement of the ability of the critical thinking of the students taught through problem based learning and those through direct method in the physics learning in the topic of pressure, (2) whether or not there is a significant difference in the improvement of the learning outcomes of the students taught through problem based learning and those through direct method in the physics learning in the topic of pressure, (3) the learning management using problems based learning and direct method in physics learning in the topic of pressure.
The study uses problem based learning and direct learning model with Pretest-Posttest Control Group Design. The instruments to be used are test of the ability of critical thinking, test of critical thinking, and the sheet of the observation of learning management. The result of tryout of the ability of the critical thinking of the students of class IX-9 SMP Negeri 6 Palangka Raya obtains the level of reliability of the test items for the ability of critical thinking namely 0,656 in which it is classified as high category and the level of the reliability of the test of the learning outcomes of the students obtain 0,865 in which it is classified as category of very high. The populations of the study are the students of class VIII of the second semester of SMP Negeri 6 Palangka Raya in Academic Year 2013/2014. The samples of the study are the students of class VIII-2 consisting of 20 students as axperimental class and 21 students of class VIII-3 as control class. The analysis of the data of the learning outcomes of pretest and posttest uses SPSS of 17.0 for windows version.
The result of the study indicates that: (1) the ability of critical thinking of the students in experimental class with problem based learning model has the average score of N-gain 0,61 (fair category), the ability of critical thinking of the students in control class with direct learning has the average score of N-gain 0,29 (poor category). The analysis of the hypothesis indicates there is a significant difference between the ability of the critical thinking of students and in experimental class and control class. (2) the learning outcomes of the students in experimental class with problem based learning model has the average score of N-gain 0,63 (fair category), the students in control class with direct learning has the avarage score of N-gain 0,29 (poor category). The analysis of the hypothesis indicates there is a significant difference between the improvement of learning outcomes of students and in experimental class and control class. And (3) the learning management of physics learning with problem based learning model in general it was obtained the percentage average of the score 89,8% in which it is classified as excellent category and the learning management of physics learning with direct model learning in general it was obtained the percentage average of the score 84,4% in which it is classified as excellent category.
Key Words:Problem based learning, the ability of critical thinking of the students, learning outcomes, learning management.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:49
Last Modified: 26 Aug 2016 08:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item View Item