Bisnis tanah pemakaman Alkah Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura Kalimantan Selatan

Marsita, Adelia (2017) Bisnis tanah pemakaman Alkah Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura Kalimantan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Skripsi Adelia Marsita - 13021120254.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bisnis jual beli tanah di masyarakat sudah tidak asing lagi dijadikan sebagai pendapatan sampingan masyarakat, karena jual beli tanah ini sangat banyak diminati oleh masyarakat dan juga sebagai mata pencaharian untuk mendapatkan keuntungan. Salah satunya bisnis jual beli tanah pemakaman yang ada di Kalimantan yaitu tanah pemakaman Mahabbah yang berada di Gunung Ronggeng Martapura Kalimantan Selatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengelolaan dalam bisnis tanah pemakaman Mahabbah. Beranjak dari rumusan masalah: yaitu (1) Bagaimana pengelolaan bisnis tanah pemakaman Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura? (2) Apa saja kendala-kendala dalam bisnis tanah pemakaman Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura?(3) Bagaimana bisnis lahan pemakaman Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura menurut fatwa MUI?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dan lokasi penelitian mengambil tempat di Tanah Pemakaman Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura Kalimantan Selatan. Objek dalam penelitian ini adalah bisnis tanah pemakaman Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura sedangkan subjek penelitian ini adalah pengelolatanah pemakaman Mahabbah Gunung Ronggeng Martapura. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu collection, reduction, display, dan verification.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dari bisnis tanah pemakaman Mahabbah telah menggunakan pondasi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan. Transaksi yang digunakan oleh Alkah Mahabbah dengan sistem hadiah. Sistem hadiah sama halnya dengan jual beli tetapi sistem hadiah yang digunakan oleh Alkah Mahabbah merupakan strategi untuk promosi. Bisnis pemakaman Mahabbah dalam pengelolaannya tidak memiliki kendala dari segi pemasaran, maupun mengupah karyawan. Menurut fatwa MUI bisnis pemakaman diperbolehkan, asalkan di dalam menjalankan bisnis tidak ada unsur tabzir dan israf. Bisnis pemakaman Alkah Mahabbah yang dijalankan tidak adanya unsur tabzir dan israf, sebelum bisnis dijalankan diperhitungkan harga dan fasilitas yang disediakan oleh Alkah Mahabbah, tidak hanya untuk mengambil keuntungan secara pribadi namun untuk membayar gaji karyawan dan memenuhi kewajiban untuk membayar pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bisnis; Tanah Pemakaman
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:44
Last Modified: 24 Jul 2018 03:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item